Langsung ke konten utama

integrated marketing communication PT AQUA Golden Mississippi


http://3.bp.blogspot.com/
BAB I
LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

PT AQUA Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo, sebagai produsen pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi. Setelah beroperasi selama 30 tahun, kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia.

1.1 Sejarah PT. Danone AQUA
1973
PT AQUA Golden Mississippi didirikan sebagai pioner perusahaan air minum mineral pertama di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi.

1974
Produksi pertama AQUA diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dari pabrik di Bekasi. Harga per botol adalah Rp.75,-

1984
Pabrik AQUA kedua didirikan di Pandaan di Jawa Timur, sebagai upaya agar lebih mendekatkan diri pada konsumen yang berada di wilayah tersebut.

1985
Pengembangan produk AQUA dalam bentuk kemasan PET 220 ml. Pengembangan ini membuat produk AQUA menjadi lebih berkualitas dan lebih aman untuk dikonsumsi.

1993
Menyelenggarakan program AQUA Peduli (AQUA Cares), sebagai langkah pendauran ulang botol plastik AQUA menjadi materi plastik yang bisa dapat digunakan kembali.

1995
AQUA menjadi pabrik air mineral pertama yang menerapkan sistem produksi in line di pabrik Mekarsari. Pemrosesan air dan pembuatan kemasan AQUA dilakukan bersamaan. Hasil sistem in line ini adalah botol AQUA yang baru dibuat dapat segera diisi air bersih di ujung proses produksi., sehingga proses produksi menjadi lebih higienis.

1998
Penyatuan AQUA dan grup DANONE pada tanggal 4 September 1998. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk dan menempatkan AQUA sebagai produsen air mineral dalam kemasan (AMDK) yang terbesar di Indonesia.

2000
Bertepatan dengan pergantian milenium, AQUA meluncurkan produk berlabel Danone-AQUA.

2001
DANONE meningkatkan kepemilikan saham di PT Tirta Investama dari 40 % menjadi 74 %, sehingga DANONE kemudian menjadi pemegang saham mayoritas AQUA Group. AQUA menghadirkan kemasan botol kaca baru 380 ml pada 1 November 2001.

2002
Banjir besar yang melanda Jakarta pada awal tahun menggerakkan perusahaan untuk membantu masyarakat dan juga para karyawan AQUA sendiri yang terkena musibah tersebut. AQUA menang telak di ajang Indonesian Best Brand Award. Mulai diberlakukannya Kesepakatan Kerja Bersama [KKB 2002 - 2004] pada 1 Juni 2002.

2003
Perluasan kegiatan produksi AQUA Group ditindaklanjuti melalui peresmian sebuah pabrik baru di Klaten pada awal tahun. Upaya mengintegrasikan proses kerja perusahaan melalui penerapan SAP (System Application and Products for Data Processing) dan HRIS (Human Resources Information System).

2004
Peluncuran logo baru AQUA. AQUA menghadirkan kemurnian alam baik dari sisi isi maupun penampilan luarnya. AQUA meluncurkan varian baru AQUA Splash of Fruit, jenis air dalam kemasan yang diberi esens rasa buah strawberry dan orange-mango. Peluncuran produk ini memperkuat posisi AQUA sebagai produsen minuman.

2005
DANONE membantu korban tsunami di ACEH. Pada tanggal 27 September, AQUA memproduksi MIZONE, minuman bernutrisi yang merupakan produk dari DANONE. MIZONE hadir dengan dua rasa, orange lime dan passion fruit.

1.2 Visi Misi PT. Danone AQUA
Visi
AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.

Misi
AQUA selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, diantaranya program AKSI (AQUA untuk Keluarga Sehat Indonesia) dan AuAI (AQUA untuk Anak Indonesia).

1.3 Sumber Mata Air AQUA
Brastagi
Lampung (Jabung dan Umbul Cancau)
Mekarsari (Kubang)
Subang (Cipondoh)
Wonosobo (Mangli)
Klaten (Sigedang)
Pandaan
Kebon Candi
Mambal
Menado (Airmadidi)

1.4 Penghargaan
2007
Indonesia Platinum Brand Award
2006
Indonesia Best Brand Award, Indonesian Golden Brand Award
2005
Packaging Consumer Branding Award  2005, GoldIndonesian Best Brand Award
Indonesian Golden Brand Award
2004
Superbrand 2004 Indonesian Best Brand Award
2003
Indonesia Customer Satisfaction Award
Indonesian Best Brand Award
Value Creator Award 2003
“Piagam Pendidikan Dasar Bermutu” (Charter of Excellence in Primary Education).

1.5 Filosofi Logo
Logo Air Mineral “AQUA”

a. Bentuk tulisan merk AQUA yang memiliki font tulisan dengan tiap sisinya yang bergelombang, mendiskripsikan gelombang atau arus air, sehingga menggambarkan bahwa ini merupakan produk air mineral dan AQUA konsisten terhadap produk airmineralnya.
b. Gambar yang tertera dalam logo AQUA di atas adalah gambar gunung, yang menggambarkan bahwa produk air mineral AQUA ini bersumber langsung dari pegunungan yang memiliki makna bahwa AQUA mengolah kebaikan alam sesuai dengan logo produknya.
c. Salah satu bentuk komunikasi non-verbal dari produk ini adalah dengan menggunakan warna logo produk yang dominan biru, warna biru dipilih karena notabene nyacostumer lebih familiar dengan warna biru untuk menggambarkan air dan alam.
d. Grup Danone Euronext: BN NYSE : DA(atau biasanya dipanggil Danone di Amerika Serikat) merupakan perusahaan internasional yang memproduksi makanan yang bermarkas di Paris, Perancis. Danone Group adalah pelopor dalam industri makanan dunia dan beroperasi lebih dari 120 negara serta merupakan salah satu dari 10 besar perusahaan penghasil makanan dan  minuman terbesar di dunia. Sehingga konsumen akan merasa bahwa produk AQUA sudah berskala internasional karena merupakan salah satu produk yang turut dilahirkan dan bergabung dengan DANONE group.

BAB II
PRODUK

2.1 AQUA
Air minum dalam kemasan nomor 1 di Indonesia sejak 1974



2.2 AQUA REFLECTION
Produk premium Aqua dengan desain botol yang elegan by Sebastian Gunawan.

2.3 MIZONE
Minuman isotonik dengan 5 varian rasa bernutrisi untuk mengganti cairan tubuh dalam sekejap.



BAB III
ANALISIS SWOT
3.1 STRENGTH
o PT. Danone AQUA memiliki salah satu program kemanusiaan dalam membantu masyarakat-masyarakat pada daerah-daerah yang kesulitan dalam mendapatkan air bersih, terutama air untuk di konsumsi sehari-hari.
o Brand Aqua Danone sangat kuat.
o Aqua Danone sebagai market leader bisnis air mineral (pangsa pasar 60%).
o Memasarkan produk tidak susah, karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk.
o Kemasan Aqua semakin beragam (dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon).
o Menggunakan manajemen sumber daya air yang canggih. Sebagai bagian dari Grup Danone di seluruh dunia, AQUA mengikuti aturan yang dituangkan dalam Piagam Danone untuk manajemen sumber daya air untuk menjamin kualitas sumber-sumber mata airnya.
o Inovasi terbaru tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif, dan secara eksklusif dilengkapi segel transparan dengan hologram untuk menjamin terjaganya produk alami dari tiap tetes Aqua.
o Agen penjualan Aqua yang tersebar dimana-mana, karena untuk menjadi agen Aqua sangat mudah, hanya dengan pengambilan minimal 20 galon Aqua.

3.2 WEAKNESS
o Hanya terdapat sedikit kekurangan, terutama dalam bidang pemasaran produk, yang dimana masih terdapat banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, contohnya: AQUA botol banyak yang dipalsukan (banyak air yang dipasarkan telah di isi dengan air yang tidak steril dengan cara menyuntikannya kedalam setiap botol).
o Kendali pasokan / stok barang berada di tangan Principal / Main Distributor.
o Margin tipis.
o Diperlukan Modal Kerja yang cukup besar.
o Ketika musim hujan penjualan turun dan Arus Kas terbenam di Stok Barang.
o Air mineral Aqua masih menggunakan proses Ozonisasi, sehingga menimbulkan stigma negatif pada masyarakat.

3.3 OPPORTUNITY
o Jenjang menuju strata Distributor (margin cukup menggiurkan) terbuka lebar.
o Track record distribusi Aqua Danone bisa dipakai referensi untuk melebarkan sayap bisnis produk Danone Food (Biskuat dll).
o Mempunyai peluang untuk merambah ke agen-agen kecil yang belum mempunyai pasar local.
o Sosialisasi ke masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi air mineral yang bersih dan higienis dimana Aqua memiliki semua kriteria yang dibutuhkan.
o Pemberian bantuan Aqua untuk wilayah terpencil merupakan salah satu promosi Aqua bahwa Aqua juga peduli terhadap sesama.
o Air PDAM yang sekarang sudah tidak memungkinkan untuk dikonsumsi, maka Pemerintah menganjurkan kepada masyarakat agar mengkonsumsi air mineral dalam kemasan.
o Aqua mempunyai kesempatan besar untuk bisa menembus pasar Internasional.

3.4 THREAT
o Persaingan harga dengan sesama Agen / Sub Distributor / Distributor Aqua Danone dari wilayah lain (cross border). Keunggulan kompetitif Aqua adalah dengan sistem distribusi, strategi pemasaran dan packaging yang baik membuat Aqua menjadi leader dalam industri ini, sehingga Aqua menerapkan harga yang premium 10 % s/d 20 % diatas harga saingannya. Aqua juga membuat musuh-musuh mayanya dengan mendirikan dan memproduksi air mineral VIT dari lisensi Vittel of France. Hal ini merupakan strategi bayangan untuk membantu Aqua mengalahkan saingannya, sehingga dibuat saingan buatan sendiri.
Beberapa pesaing utama Aqua adalah :
PT. Parmargha dengan Ades.
PT. Santa Rosa dengan Oasis.
PT. Sinar Sosro dengan Air Sosro.
PT. Coca Cola Amatil Indonesia dengan Bonaqa.
PT. ABC Central Food dengan Pure ABC.
dll.
AQUA adalah pemimpin pasar yang tidak dipertanyakan dalam industri air dalam botol. Sistem penyaluran, strategi pemasaran, dan kemasan yang istimewa menciptakan keunggulan bersaing. Memungkinkan harga premium sekitar 10% sampai 25% diatas harga-harga yang dipatok merek-merek pesaing. AQUA bersaing disegala segmen pasar, memproduksi Vit dibawah lisensi dari Vittel Perancis dan pemegang merek untuk beberapa rantai supermarket Indonesia. Franchise Mc. Donalds di Jakarta menjual AQUA yang menampakkan busur emas Mc. Donalds bersama logo AQUA.
Selama lima tahun terakhir sukses AQUA telah menarik persaingan dari sekitar 50 perusahaan air dalam botol di Indonesia, yang menjual lebih dari 70 merek dagang. Sementara sebagian besar adalah pabrik regional kecil, beberapa pesaing memiliki pangsa pasar mendasar sejalan dengan sumber-sumber keuangan, memasarkan pengetahuan, dan sistem-sistem distribusi yang dapat menjadi ancaman serius akankah AQUA goyah.
Ades, Oasis, Air Sosro secara agresif menantang tampuk pimpinan AQUA dalam pasar air dispenser yang sangat menguntungkan di Jakarta. Perusahaan keluarga Air Sosro mengendalikan pasar teh dalam botol di Indonesia dengan menjual satu juta botol perhari dengan bendera merek Teh Botol Sosro. Air sosro menghargai airnya sekitar 20% dibawah AQUA, Bonaqua, satu produk Coca Cola dihargai sama dengan AQUA, adalah nama dagang internasional dengan sistem distribusi yang kuat di Indonesia. ABC Pure diproduksi oleh PT ABC Central Food, distributor besar konsentrat minuman lunak tradisional di Indonesia.
Keberhasilan merek dagang AQUA telah menarik paling tidak 10 peniru untuk menggunakan kata “aqua”. Tirto secara aktif mempertahankan merek dagangnya, memenangkan pertarungan hukum melawan perusahaan yang menggunakan nama Club AQUA dan Aquaria. Dalam keputusannya pada bulan Mei 1992, Kejaksaan Agung di Indonesia memaklumkan bahwa kata “aqua”, bilamana digunakan pada air dalam botol bukan nama latin yang umum, namun merek dagang yang dilindungi.
Pengacara AQUAmembantah bahwa kata itu telah didaftarkan sebagai merek dagang sejak 1973, diperbaharui di tahun 1986, bahwa AQUA telah membelanjakan jutaan dolar mengiklankan merekdagang tersebut, dan akibat dari pengiklanan ini, dibenak pelanggan Indonesia kata AQUA sambung dengan air dalam botol yang diproduksi PT. AQUA Golden Mississippi. Oleh sebab itu perusahaan air dalam botol yang lain tidak dapat menggunakan kata “aqua” pada namanya atau logo kecuali dibawah perjanjian lisensi. Pengadilan telah menyetujui.
o Tidak dipasok produk / pencabutan lisensi keagenan Aqua Danone apabila melanggar aturan keagenan.
o Mulai muncul produk-produk air mineral baru.
o Sekarang ini banyak bermunculan depo-depo air minum isi ulang dikawasan padat penduduk dimana harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding Aqua.
o Adanya kenaikan bahan baku untuk kemasan, seperti plastik untuk label dan bahan untuk pembuatan gallon.
o Tidak stabilnya nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing.
o Melemahnya daya beli konsumen.
o Adanya penghapusan subsidi BBM bagi industri.
o Biaya pengiklanan yang tidak murah.


BAB IV
STRATEGI PEMASARAN
AQUA memegang saham lebih dari 62% dari pasar botol di Indonesia, negara berpenduduk terbanyak kelima didunia. Memegang tampuk pimpinan menjadi sulit. Ada beberapa rintangan yang effektif untuk masuk dalam industry air dalam botol. Teknologi air dlam botol tidak terlalu sulit dan kebutuhan modal tidak terlalu berlebihan. Pemasaran menyediakan keunggulan bersaing yang utama diantara pembuat air dalam botol. Penyaluran yang efisien dan pengiklananan untuk membedakan dan memproduksi satu kesetiaan pada merek adalah kunci sukses.
Pembedaan telah menjadi tujuan pertama Tirto. Dalam satu penggelaran pemasaran yang cemerlang, dia telah memberi nama produknya dengan AQUA (Nama Latin untuk “Air”. Orang asing di Indonesia, sasaran asli pemasaran , dapat mengerti apa arti kata itu. Lebih dari 300 bahasa dipakai di Indonesia dan kepekaan suku sangat penting. Pemilihan bentuk nama Latin dalah netral , dan tidak ada kepentingannya dengan kelompok suku tertentu. Sebagai bonus AQUA adalah kata yang mudah untuk diucapkan untuk pembicara setiap bahasa.
Strategi pemasaran yang asli tidak ditujukan di Indonesia . Tirto bermaksud untuk memapankan ceruk pasar kecil memasok air aman dan es pada orang asing di Indonesia. Satu hal yang mengejutkan, uji pemasaran di Terminal besar di Jakarta dan sepanjang jalan Pantura membuktikan bahwa orang-orang Indonesia ada kemauan untuk membeli air dalam botol. Berita tentang AQUA menyebar dari kota besar ke desa-desa kecil diseluruh pelosok tanah air. Tetapi perkiraan konsumen harus dipikirkan. Sementara perkiraan tersebut AQUA mengandung mineral sehat, sebenarnya tidak ada apa-apanya selain air dalam botol.Tidak dikarbonasi dan tidak pula dibumbui. Sejak semula, bagaimanapun, AQUA secara umum mengacu pada “Air Mineral AQUA” orang Indonesia tidak tahu bagaiman memperkirakan. Pada awalnya contoh promosi penjualan AQUA dilaksanakan pada pengunjung bioskop.
Untuk memoles citra AQUA Tirto mencoba slogan bersih, bening, bebas bakteri untuk empat tahun yang pertama. Penjualan tetap tertahan dibawah dua juta liter per tahun – tidak cukup apabila perusahaan telah menjadi distributor utama. Dalam tahun 1979 Tirto merubah slogan secara permanen menjadi air sehat setiap saat, sedikit penedekatan klinis. Berhasil, Slogan yang baru berpasangan dengan perkenalan dengan kemasan plastik yang baru, mendorong penjualan AQUA sampai lebih 13 juta liter di tahun 1983.
AQUA menggunakan seluruh media untuk iklannya. Bis, taxi, TV, radio, koran, dan majalah membawakan logo dan slogan biru AQUA yang berbeda. Dalam menjaga kesehatannya, mengangkat citra, AQUA secara aktif mendukung penyelenggaraan atletik internasional seperti pada jalur dan lapangan, mendaki gunung, angkat berat. Pada maraton yang populer dan balapan 10.000 meter truk-truk AQUA menyediakan pelari yang kelelahan dengan pancuran air segar. Sebagai bagian dari hubungan masyarakat, AQUA juga membuka pabriknya untuk dikunjungi masyarakat untuk meyakinkan masyarakat pelanggan bahwa AQUA diproduksi dengan cara yang higienis dengan fasilitas, personel, dan manajemen yang utama.
Sementara pengiklanan dan humas “menarik” AQUA melalui saluran-saluran distribusi, promosi eceran lokal dan potongan harga “mendorong” produksi pada pelanggan. Pelayanan adalah krusial dalam bisnis air. Ada pusat-pusat distribusi AQUA di Indonesia, dijalankan oleh PT. Wirabuana Intrent, distributor tunggal produk-produk AQUA. Truk-truk AQUA yang selalu siap sedia dimana saja kapan saja memastikan pengiriman yang handal pada outlet eceran dan perusahaan-perusahaan yang menyediakan pendingin air AQUA untuk karyawannya. Penerbangan besar seperti Garuda Indonesia, Penerbangan Nasional Indonesia, menawarkan AQUA pada penumpangnya. Pelanggan-pelanggan ini membutuhkan pelayanan yang segera dan handal. Pendingin air kantoran yang kosong atau rusak menciptakan citra yang buruk dan penerbangan membutuhkan pengiriman tepat waktu.
AQUA melanjutkan untuk mengembangkan upaya pemasarannya ke pulau yang lain di Indonesia. Untuk memotong biaya transportasi, fasilitas produksi dioperasikan dengan lisensi yang memproduksi air dalam persyaratan AQUA telah dibuka di Manado, Sulawesi Utara, dan Medan, Sumatera Utara. Satu instalasi kecil mulai berproduksi air SEHAT dalam botol di Brunei Darrussalam, satu negara minyak yang merdeka di pantai utara Borneo. Bukan suatu hal yang kecil, hampir dua per tiga penjualan AQUA tetap berada di daerah Jakarta, dipasok oleh lima fasilitas produksi terletak di Jawa Barat mewakili 65% total kapasitas AQUA (Peraga 1). Proyek-proyek baru sedang berlangsung dibeberapa bagian di Indonesia sebaik diluar Indonesia, di Philippina dan Vietnam.

4.1 EVENT YANG TELAH DILAKSANAKAN
A. Aqua Satu Untuk Sepuluh
Sebuah program berkelanjutan yang meningkatkan akses air bersih bagi 32.000 penduduk NTT melalui pemilihan teknologi tepat guna dan pemberdayaan masyarakat.
AQUA dengan gembira membagikan kabar terbaru program berkesinambungan Satu untuk Sepuluh (SuS) yang diluncurkan sejak 2007 dan cakupan programnya telah mencapai 32.000 masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT). Program SUS yang telah memasuki tahap III dan telah membantu masyarakat di beberapa Kecamatan di Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT, kini kembali dengan mengusung tema Ada Terus, Terus Ada. Program SUS ini menggunakan pilihan teknologi tepat guna sehingga masyarakat setempat dapat membangun dan mengelola sarana air bersih secara mandiri. Pendekatan ini juga dilakukan dengan tujuan untuk menjamin keberlanjutan manfaat sarana terbangun demi peningkatan derajat kesehatan mereka sendiri.
Meningkatnya akses air bersih telah membuat masyarakat NTT lebih mudah untuk menjalankan aktivitas keseharian mereka, seperti mencuci, memasak, berkebun maupun memelihara ternak. Melalui program SuS juga dilakukan promosi perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat dan murid sekolah melalui berbagai macam kegiatan, yaitu pemutaran film, pertunjukan drama, sesi penyuluhan rutin serta pelatihan bagi murid, guru dan kader posyandu, dimana tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat penerima manfaat.
Saat ini program Satu untuk Sepuluh terus melakukan monitoring di desa-desa lokasi program sebelumnya dalam rangka memastikan bahwa air bersih dapat diakses oleh masyarakat meski pelaksanaan program telah selesai. Hal ini sejalan dengan semangat Ada terus, Terus Ada yang diusung AQUA.
Febby Intan, Brand Director AQUA mengatakan “Kami ingin agar masyarakat TTS dapat terus menikmati keberadaan air bersih melalui penggunaan teknologi tepat guna dengan asas pemberdayaan masyarakat dan semangat gotong royong, meski program ini telah selesai dilaksanakan di desa mereka. Sarana yang terbangun kami harapkan akan membantu masyarakat untuk merubah perilaku hidup bersih dan sehat sehari-hari yang secara tidak langsung berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup mereka.
Selama pelaksanaan tahap satu dan dua yang dimulai sejak tahun 2007 hingga 2009, program SuS telah menjangkau lebih dari 21.000 penduduk di Kecamatan Boking, Amanatun Utara, Toianas dan Noebana. Sebelum program SuS berjalan, penduduk di lokasi tersebut membutuhkan rata-rata 45 menit waktu tempuh menuju sumber air terdekat sementara kini kurang dari 20 menit. Sedangkan untuk tahap tiga yang masih berlangsung hingga kini, program SUS ditargetkan untuk meningkatkan akses air bersih bagi sekitar 11.500 penduduk di enam desa baru di Kecamatan Kuanfatu.
Melalui program ini juga telah dibentuk 127 komite air, yang telah dibekali dengan berbagai ketrampilan teknis maupun non-teknis melalui berbagai pelatihan intensif, agar mereka dapat secara mandiri melakukan pengelolaan atas sarana air bersih di Desa masing-masing. Pembentukan komite ini utamanya adalah untuk membangun rasa memiliki dan menjamin keberlanjutan manfaat dari sarana tersebut.
“Kami harap masyarakat yang telah merasakan manfaat dari akses air bersih yang lebih mudah serta perubahan praktek hidup bersih dan sehat dapat menjaga keberlangsungan sarana terbangun secara mandiri, sehingga air terus ada. Bersama dengan para mitra yang terdiri dari LSM, Pemerintah dan masyarakat setempat, kita membentuk komite air yang masing-masing bertanggung jawab untuk menjalankan operasional dan pemeliharaan sarana tersebut di Desanya,” ucap Febby.

B. Wahana Kebaikan Alam
Jelajahi kebaikan alam di tengah kota bersama DANONE AQUA






Alam telah memberikan kebaikan alam yang terbaik untuk kita, inilah saatnya kita menikmati dan mempelajari kebaikan alam dengan cara yang terbaik. Untuk menghadirkan nuansa kebaikan alam terbaik di tengah kota, DANONE AQUA mempersembahkan “Wahana Kebaikan Alam DANONE AQUA” yang berlangsung pada akhir Januari 2010 di Istora Senayan, Jakarta.
Danone Aqua, menegaskan kembali komitmen jangka panjangnya untuk mendukung kehidupan keluarga dan generasi Indonesia yang lebih baik. Lewat kegiatan AKSI ( Aqua untuk Keluarga Sehat Indonesia) di akhir Januari lalu yang berlokasi di Plaza Utara Senayan, Jakarta, Danone Aqua menghadirkan “Jelajahi Wahana Kebaikan Alam”.
Tani Sulaeman, Brand Director Danone Aqua mengatakan, “Aqua menyadari pentingnya pengetahuan tentang alam dan kegiatan luar ruang bagi keluarga Indonesia, khususnya untuk tumbuh kembang anak. Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi solusi bagi keluarga Indonesia yang ingin berekreasi sekaligus belajar tentang alam di tengah kota, terhindar dari kemacetan dan dapat dinikmati oleh seluruh keluarga.”
AKSI 2010 ini mengedepankan unsur pendidikan, permainan, dan hiburan berbasis alam untuk seluruh anggota keluarga, khususnya anak-anak.
Ajak buah hati dan keluarga untuk menikmati 3 area utama, seleksi, terjaga seutuhnya dan preservasi dan temukan berbagai wahana seru lainnya seperti:
Demonstrasi Siklus Air.
Uji Air Sederhana.
Ilustrasi Fakta Sumber Mata Air.
Sumber Air Pegunungan Pilihan.
Lorong 9-5-1.
AQUApedia.
Rahasia Di Balik Kebaikan Alam.
Ekspresi Kebaikan Alam.
Kreatifitas Dari Alam.
Sahabat Alam
Foto Ceria Kebaikan Alam.
Panggung Cerita Kebaikan Alam.
Tangkap Kebaikan Alam.
Melukis Dengan Bahan Alam.
AQUAkustik.
Bermain Dengan Binatang.
Bertemu Dengan Pakarnya.
Flying Fox
Permainan Keluarga. Buldozer.
Permainan Keluarga. Buta Bisu Normal.
Permainan Keluarga. Giant Puzzle.
Permainan Keluarga. Blind Soccer.
Permainan Keluarga. Water Pipe.
Permainan Keluarga. Indiana Jones.
Permainan Keluarga. Protect The Water.
Permainan Keluarga. Dinosaurus.



BAB V
KESIMPULAN

PT AQUA Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo, sebagai produsen pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia. Pabrik pertama didirikan di Bekasi. Setelah beroperasi selama 30 tahun, kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia.

Pada tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA

Watono, A. Adji, Maya Carolina. IMC (Integrated Marketing Communication), PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2011.

Sumber lainnya:
www.aqua.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Aqua_(air_mineral)
http://komunikasia.net/riset/kesuksesan-csr-aqua-danone
http://farahdamayanti.wordpress.com/2011/07/12/manajemen-stratejik-analisis-swot-pada-pt-aqua-danone/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Budaya Populer

Bab I Pendahuluan 1.1 Latar Belakang Kemajuan teknologi baik dalam bidang teknologi, baik dalam bidang teknologi informasi maupun teknologi transportasi mendorong munculnya produk-produk kebudayaan baru dalam masyarakat. Dalam beberapa masyarakat, ada produk kebudayaan yang terus dipertahankan dari masa ke masa yang tidak boleh diubah. Adanya kebudayaan-kebudayaan baru yang masuk dalam suatu masyarakat tidak lepas dari peran komunikasi dan bisanya proses komunikasi yang terjadi melibatkan media massa karena daya jangakaunya lebih luas. Salah satu wujud kebudayaan yang dihasilkan dengan adanya keterlibatan media massa adalah kebudayaan massa atau mass culture dan kebudayaan popular atau pop culture . Berbagai wujud pop culture ada disekitar kita seperti gaya berbusana, makanan, music dan film. Tak bisa dipungkiri lagi, keberadaan pop culture mewarnai kehidupan sosial kita. Bila kita amati berbagai wujud pop culture yang ada disekitar kita memang tidak lepas dari peran media

ANALISIS SWOT dan COMPANY PROFILEPT. Frisian Flag Indonesia

Bab I 1.1   Latar belakang Industri produk berbasis susu di Indonesia berkembang cukup pesat. Hal ini ditandai dengan bermunculannya inovasi – inovasi baru di bidang pengolahan produk berbasis susu. Demikian pula dengan komposisi dan kemasannya, dibuat menarik perhatian dengan harga terjangkau. Selain itu, hal ini juga semakin teredukasinya dan meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya mengkonsumsi susu setiap hari. Indoneia memiliki ladang yang baik untuk peternakan sapi sehingga akan menghasilkan susu yang berkualitas tinggi. Kini, produk susu termasuk produk yang sangat dibutuhkan semua orang, baik tua maupun muda. Fakta inilah yang akhirnya mendorong para pelakunya lebih giat merebut hati konsumen. Setidak-tidaknya, produk ini dibutuhkan oleh 150 juta penduduk Indonesia. Populasi dunia meningkat dengan cepat, daya beli meningkat, sementara pada saat yang sama, makanan, bahan baku, dan energi berada dalam pasokan pendek. Ini memberi Frisian Flag Indonesia,

Teori Informasi Organisasi Karl Weick

Teori Informasi Organisasi Berdasakan Penelitian Karl Weick Tugas untuk mengelola informasi dalam jumlah besar adalah sebuah tantangan bagi khalayak organisasi. Ketika pilihan-pilihan kita untuk saluran-saluran komunikasi meningkat, jumlah pesan yang kita kirim dan terima, dan juga kecepatan kita mengirim pesan tersebut meningkat pula. Organisasi tidak hanya dihadapkan pada tugas untuk mengartikan pesan yang diterima, tetapi juga menghadapi tantangan untuk menentukan siapa yang harus menerima informasi tersebut demi mencapai tujuan organisasi. Media baru mampu membuat perusahaan menyelesaikan tujuan mereka dalam berbagai cara yang belum pernah dilihat sebelumnya. Konferensi video, teleconference, ruang chat, e-mail, dan televisi interaktif memungkinkan orang seperti Dominique untuk memberikan kesempatan kepada timnya untuk secara simultan berbagi dan memberikan reaksi terhadap banyak sekali informasi. Tiap tim diberikan kesempatan untuk memutuskan informasi apa yang penting untuk tug