Bab I
1.1 Latar
belakang
Industri
produk berbasis susu di Indonesia berkembang cukup pesat. Hal ini ditandai
dengan bermunculannya inovasi – inovasi baru di bidang pengolahan produk
berbasis susu. Demikian pula dengan komposisi dan kemasannya, dibuat menarik
perhatian dengan harga terjangkau. Selain itu, hal ini juga semakin
teredukasinya dan meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya mengkonsumsi
susu setiap hari. Indoneia memiliki ladang yang baik untuk peternakan sapi
sehingga akan menghasilkan susu yang berkualitas tinggi.
Kini,
produk susu termasuk produk yang sangat dibutuhkan semua orang, baik tua maupun
muda. Fakta inilah yang akhirnya mendorong para pelakunya lebih giat merebut
hati konsumen. Setidak-tidaknya, produk ini dibutuhkan oleh 150 juta penduduk
Indonesia. Populasi dunia meningkat dengan cepat, daya beli meningkat,
sementara pada saat yang sama, makanan, bahan baku, dan energi berada dalam
pasokan pendek. Ini memberi Frisian Flag Indonesia, sebagai bagian dari
FrieslandCampina, kesempatan untuk menjawab kebutuhan ini dan tumbuh optimal
sekaligus. Frisian Flag tidak hanya menghasilkan susu berkualitas tinggi,
tetapi juga melakukan berbagai kegiatan pembangunan sosial, sebagai bentuk
tanggung jawab kepada konsumen, karyawan, petani, pemegang saham, masyarakat,
dan lingkungan, dalam semua aspek operasional perusahaan. Strategi perusahaan
kami fokus pada dua bidang, Kesehatan dan Gizi dan Pengembangan Dairy.
1.2 Tujuan
Penulisan
Tujuan penulisan
dari makalah ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang produk PT. Frisian
Flag Indonesia yaitu Susu Kental Manis cap Bendera.
1.3 Metode
Penulisan
Metode yang
digunakan adalah pengumpulan data dari jurnal dan tulisan imiah terkait, serta
dari companny profile perusahaan
1.4 Manfaat
Penulisan
Penulis berharap
makalah ini dapat memberikan pengetahuan tentang produk PT. Frisian Flag
Indonesia, yaitu susu kental manis full cream cap bendera
Bab II
2.1 PT. Frisian Flag
Indonesia
Dikenal
dengan nama Susu Bendera oleh masyarakat Indonesia, Frisian Flag telah memimpin
industri susu nasional selama 90 tahun. Tak heran jika Frisian Flag kini
identik dengan susu dan pertumbuhan dari generasi ke generasi.
Semua
berawal di tahun 1922 ketika susu dengan merek Friesche Vlag mulai diimpor dari
Cooperatve Condensfabriek Friesland yang kini telah menjadi Royal
FrieslandCampina. Koperasi ini adalah koperasi terbesar di dunia yang
berpusat di Belanda dan beranggotakan 16 ribu peternak yang tersebar di tiga
negara, serta memiliki karyawan tak kurang dari 22 ribu orang yang bekerja di
100 perusahaan di seluruh dunia.
Sebagai
bagian dari keluarga multinasional ini, PT Frisian Flag Indonesia mengedepankan
pengalaman global dan kerja sama jangka panjang dengan para peternak Indonesia
untuk tetap menjadi leader dalam menghasilkan produk-produk bergizi
berbasis susu. Hal ini dilakukan dengan memproduksi dan memasarkan aneka produk
termasuk susu bubuk, susu cair siap minum, dan susu kental manis dengan
merek-merek Frisian Flag, Yes!, dan Omela. Perusahaan ini memiliki dua buah
pabrik berteknologi canggih yaitu di Pasar Rebo dan Ciracas, Jakarta. PT
Frisian Flag Indonesia juga menaungi 1700 karyawan yang bekerja di seluruh
penjuru Indonesia.
PT
Frisian Flag Indonesia berkomitmen untuk senantiasa menghasilkan produk-produk
susu bergizi yang dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Selain itu,
PT Frisian Flag Indonesia juga terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran gizi
masyarakat melalui beragam program. Semua ini dilakukan sebagai wujud visi
perusahaan untuk turut berkontribusi terhadap perkembangan bangsa.
Dalam
memproduksi dan mendistribusikan produk-produk berbasis susu, PT Frisian Flag
Indonesia tidak hanya mengikuti standar nasional dan internasional, namun juga
mengadvokasi kepada para pemangku kepentingannya untuk senantiasa mendukung
perkembangan holistik anak dan mempromosikan ASI eksklusif sesuai dengan
petunjuk WHO.
2.2 Sejarah
Perusahaan
Perjalanan Frisian Flag di Indonesia dimulai sejak tahun
1922, ketika produk susu Friesche Vlag di impor ke Indonesia melalui
Cooperative Condens-Fabriek.
Di tahun 1969, pembangunan pabrik di Pasar Rebo, Jakarta
Timur dan mulai memproduksi Susu Kental Manis (SKM) di tahun berikutnya. Lima
tahun berikutnya, pembangunan pabrik di Ciracas yang juga berlokasi di Jakarta
Timur dimulai dan memproduksi susu UHT pertama kali di tahun 1991.
Setelah bergabung dengan Royal FrieslandCampina N.V. pada
tahun 2009, sebuah perusahaan pengolah susu yang dimiliki oleh koperasi peternak
sapi terbesar dengan lebih dari 19.000 peternak yang tersebar di Belanda,
Jerman, dan Belgia. Frisian Flag hadir dengan identitas baru di tahun 2010 dan
berkomitmen sebagai produsen produk-produk nutrisi berbasis susu untuk
anak-anak dengan menjadi pelopor produsen susu pertumbuhan anak pertama di
Indonesia pada tahun 1988.
Kini, setelah 90 tahun hadir di Indonesia, Frisian Flag
telah mengoperasikan fasilitas pabrik di Pasar Rebo dan Ciracas, Jakarta Timur
dengan berbagai port folio produk seperti : susu kental manis, susu cair, dan
susu bubuk dibawah merek dagang Frisian Flag, Omela, dan Yes!
2.3 Visi dan Misi
Perusahaan
2.3.1
Visi
Memberikan
kontribusi yang membangun ke arah transisi menuju masa depan yang lebih
berkesinambungan dan ketersediaan pangan yang lebih terjamin
2.3.2
Misi
1. Memerangi
kekurangan gizi
2. Mengembangkan
standar di bidang peternakan sapi perah yang bertanggunng jawab
3. Pemanfaatan
yang lebih efisien terhada bahan baku dan sumber daya
4. Membantu
peternak susu meningkatkan kualitas, produktivitas dan bisnis susu, dengan
demikian produksi pangan lokal akan tetap terjamin
2.4 Tentang Logo
Pada
tanggal 10 Desember 2010, Frisian Flag Indonesia memperkenalkan identitas brand
terbaru, melestarikan karakter Frisian Flag: bendera dan warna biru cerah. Logo
baru ini dikelilingi oleh cincin untuk memvisualisasikan radiasi energi Frisian
Flag.
Logo ini
menggambarkan sinar matahari, sumber inspirasi dan vitalitas. Logo ini juga
melambangkan segelas susu bergizi, siap untuk diminum. Logo baru dilengkapi
dengan tag line: Raih Esokmu.
Perubahan logo dan
tag line melambangkan komitmen Frisian Flag untuk merespon konsumen dan
mencerminkan perubahan yang sesuai dengan hari ini, dinamis dan modern. Logo
baru ini juga memiliki irama yang sama dengan keluarga FrieslandCampina lainnya
di regional, seperti merek Dutch Lady (di Malaysia & Vietnam) maupun merek
Foremost di Thailand
2.5 Produk
Susu kental manis full cream ini
mengandung gizi makro dan mikro yang lengkap dan seimbang untuk membantu
menjaga kondisi tubuh seluruh anggota keluarga dan memenuhi kebutuhan energi
sehingga dapat beraktivitas dengan baik. Diperkaya antioksidan beta karoten, 12
vitamin, seperti vitamin B3, B6, B9, dan 10 mineral, seperti selenium, zat
besi, dan mangan, dalam komposisi yang tepat. Disertai dengan serat pangan yang
baik dan dibutuhkan untuk kesehatan saluran pencernaan.
Komposisi :
Susu Bubuk
Full Cream, Susu Skim Bubuk, Lemak Susu, Butter Milk, Mineral (Kalsium
Karbonat, Besi Pirofosfat, Kalium Hidroksida, Kalium lodida), Vitamin (Premiks
Vitamin, Niasin, Karoten, Asam Folat).
Keunggulan :
a.
Vitamin B3, B6, B9: diperlukan anak untuk menghasilkan
energi
b.
Antioksidan betakaroten, selenium: membantu menangkal
radikal bebas dalam tubuh sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap
serangan infeksi
c.
Serat pangan: sangat baik untuk kesehatan saluran
pencernaan
Kemasan
390 gram (kaleng)
masa produk 24 bulan
2.6 Manfaat
Susu
Selama ribuan
tahun, susu telah menjadi sumber penting protein, lemak kalsium bagi banyak
orang dan bukan hanya untuk orang di Eropa, India, dan Timur Tengah. Dan hingga
kini menjadi salah satu pelengkap makanan sekaligus nutrisi penting untuk
tubuh.
Susu dapat
meningkatkan kalsium dan vitamin D, serta penting untuk pembangunan dan
pencegahan penyakit, Susu merangsang pertumbuhan otak dan meningkatkan
kinerja kognitif dari gizi umum yang terkandung di dalamnya, Mengurangi resiko
malnutrisi protein, lebih sedikit gigi berlubang, Peningkatan kandungan mineral
dalam tulang dan patah tulang lebih sedikit, dan Mengurangi risiko ricketsia.
Sebuah penelitian
di AS menemukan bahwa sekitar 25% anak pra sekolah yang mengkonsumsi susu,
biasanya tubuhnya lebih tinggi sekitar 1 cm dari rekan-rekannya (Wiley, 2009).
Studi lain menunjukkan bahwa konsumsi susu juga berkaitan dengan tingginya
pertumbuhan tubuh remaja dan kecerdasan anak. Selain itu susu juga mengandung
protein, lemak kaya asam lemak omega-3 dan omega-6, karbohidrat, vitamin, dan
mineral, yang kesemuanya berfungsi sebagai antioksidan dan juga berperan penting
dalam masa pertumbuhan.Perubahan logo dan tag line
melambang
Bab III
ANALISIS PRODAK SUSU
BENDERA
Nama : PT.Frisian
Flag Indonesia
Produk : Susu
Bendera Full Cream
Tagline : Raih Esokmu
Background Product
Susu bendera adalah
sebuah produk yang dikeluarkan oleh PT Frisian Flag yang mempunyai dua rasa
yaitu full Cream dan Cokelat yang diperkaya dengan ActiveCare Formula dengan
kandungan Protein, Kalsium, Kolin, dan B1
Komposisi Produk
Sukrosa,
padatan susu tanpa lemak, lemak nabati, bubuk cokelat, kalsium karbonat,
vitamin, dan kolin klorida.
Nilai Gizi
Lemak Total 7%
Lemak Jenuh 11%
Protein 2%
Karbohidrat Total 8%
Gula 12g
Natrium 1%
Kalium 2%
Vitamin A 15%
Vitamin D3 15%
Vitamin E 20%
Vitamin B1 20%
Vitamin C 8%
Kalsium 8%
Fosfor 8%
Magnesium 6%
Advertising Problem
1. Banyak
kemasan dari Produk yang ditiru perusahaan lain.
2. Kurangnya
iklan atau promosi yang menggunakan iklan baliho dan kurangnya iklan yang
menggunakan media banner yang ditempatkan dipusat-pusat keramaian.
3. Nama
susu cap bendera sudah melekat di benak konsumen sehingga nama Frisian Flag
cenderung kurang dikenal masyarakat
Advertising Objective
Tujuan periklanan untuk mengenal lebih dekat (detail) tentang manfaat
susu bendera, dan bertujuan pula untuk mengingat bisa dibilang juga untuk
mempertahankan kepercayaan masyaraka kepada susu bendera (Frisian Flag) yang
sudah ada dibenak masyarakat indonesia.
Target Audience / Target Market
1. Sex :
Pria dan Wanita
2. Age : anak-anak, remaja, dewasa. (
6-35thn )
3. SES
: A(6-8jt), B+(4-6jt) & B (2-4jt) C+(2-1jt), C (1jt-800rb)
4. Pendidikan
: semua kalangan.
5. Demography :
Urban, perdesaan.
6. Psikography
:
1. Motivasi : Ingin merasakan kesegaran dan kelezatan
susu yang sehat dan tidak bau amis ketika hendak diminum
2. Personality
: ingin memiliki tubuh yang sehat dengan biaya yang tidak mahal
3. Life Style : hidup sehat penuh semangat.
4. Intelektual : mencegah lebih baik daripada
mengobati.
5. Behavioristic : mereka yang biasa hidup sehat.
7. Promise : Susu mengandung semua nutrisi utama
yang dibutuhkan tubuh
8. Reason
Why : Karena susunya yang kental dan
rasanya yang gurih dan lezat.
9. Positioning : Produk susu yang bergizi dan memberikan
rasa gurih yang lezat,
10. Benefit
Product : Susu yang menyajikan
kesegaran rasa, dengan rasa yang gurih
dan lezat dan tidak amis ketika ingin diminum, dengan siformulasikan secara khusus dengan mengacu
pada kebutuhan nutrisi bagi masyarakat Indonesia.
11. Competitor
a) Indomilk
Harga : 7.200 – Deskripsi Produk
: 390GR
Variant rasa : Cokelat, Pain
Keunggulan :
menpunyai keunggulan tersendiri , karena selain bagus untuk kesehatan tubuh
kita, juga selalu cocok untuk dicampurkan dengan berbagai macam makanan atau
minuman
Positioning : Kesegaran susu asli
b) Ultramilk
Harga : 6850- Deskripsi Produk :
390GR
Varian rasa : cokelat, full cream
Keunggulan :
Produk ini bisa disimpan lama karena mengandung gula yang banyak. Kemudian
dikemas ke dalam kaleng yang sudah disterilisasi untuk menjaga kualitas susunya.
Positioning :
Susu segar berkualitas tinggi yang mengandung manfaat alami protein
12. Tag line
a. Original : Hidup sehat penuh semangat
b. Raih
Eokmu
13. Analisis
SWOT
a.
STRENGTH
1. Rasa
susu kental manisnya yang khas memang sudah melegenda dari semenjak orang tua,kakek
nenek kita sampai sekarang, sudah membuat susu bendera di ingat dibenak para
masyarakat Indonesia
2. Produk-produknya
yang meyertakan gambar bendera disetiap kemasan yang mudah diingat oleh setiap
kalangan.
3. susu
bendera dengan produk susu kental manis yang pas untuk tambahan rasa dalam
minuman kopi, teh, es teller, es campur, juga aneka jus
4. Susu
bendera mengandung manfaat alami protein, dan diproses secara modern, dan
menggunaka formula yang tepat untuk memastikan produk yang berkualitas tinggi,
5. produk dikemas dengan bahan-bahan yang sudah
disterilkan untuk menjaga kualitas susu.
6. Frisian
Flag memiliki peternakan sendiri sehingga daat memastikan Susu yang diperoleh
adalah susu segar dan berkualitas tinggi
b.
WEAKNESS
1. kurangnya
penelitian dan pengembangan jenis-jenis susu kental manis,
2. Kurangnya
promosi di kalangan masyarakat yang berkaitan tentang produk susu kental manis
3. Kandungan
gula yang tinggi cenderung banyak dihindari
c.
OPPURTUNITIES
1.
Mulai muncul kesadaran yang tinggi untuk mengkonsumsi
susu setiap hari
2.
Indonesia memiliki target pasar yang besar, dan belum
banyak pesaing yang berkecimpung didalamnya
3.
Indonesia memiliki ladang peternakan yang baik
4.
Susu kental manis tidak hanya dikonsumsi langsung namun
dapat menjadi tambahan rasa pada minuman dan makanan
5.
Harga susu
kental manis yang mudah terjangkau oleh masyarakat
d.
THREAT
1.
Harga produk susu kental manis frisian flag cenderung
lebih mahal dari kompetitornya
2.
Persaingan produk yang memiliki kesamaan baik kandungan
maupun rasa
3.
Masyarakat kini banyak yang mulai beralih ke produk
susu yang berbasis low fat
4.
Adanya pemalsuan produk dari oknum yang tidak
bertanggung jawab
14. Advertising
Strategy
1.
Strategi
distribusikan dengan menepatkan produk susu bendera ditoko-toko
kecil,warung, pasar swalayan dan agen-agen
2.
Mengeluarkan produk baru yang berbentuk susu sachet
yang harganya lebih murah terjangkau.
3.
Menjadikan para pertenak sebagai leader dalam
menghasilkan produk bergizi.
1.5 Media
1. Televise : Karena masyarakat bisa mengetahui
produk secara detail manfaat produk
melalui media televise.
2. Majalah :
Untuk sebagian besar para masyarat yang tak sempat untuk menyaksikan televise.
3. Poster : Untuk di berikan kepada
agen-agen warung sebagai promosi
4. Billboard : Bertujuan untuk mengingatkan, di
tujukan untuk sebagian besar masyarakat yang sangat sibuk hingga tidak ada
waktu luang untuk menonton tv serta membaca majalah setiap harinya
5. Banner : untuk diberikan kepada toko-toko
rekan bisnis,
Bab IV
PENUTUP
1. KESIMPULAN
Frisian
Flag telah memimpin industri susu nasional selama 90 tahun. Tak heran jika
Frisian Flag kini identik dengan susu dan pertumbuhan dari generasi ke
generasi. Frisian flag selalu memastikan kualitas produk yang Steril, Fresh,
dan High quality. Salah satu produk kebanggaan Frisian Flag adalah Susu kental
manis. Pada dasarnya pemasaran produk ini tidak mengalami kesulitan karena
produk tersebut telah ada di benak para konsumen dan selalu menjadi pilihan
utama, selain itu produk ini banyak diminati karena dapat di konsumsi langsung
maupun menjadi campuran produk makanan dan minuman.
2. SARAN
Kendati tidak mengalami kesulitan dalam pemasaran susu kental manis
Frisian Flag harus tetap menjaga kualitas produk agar tetap menjadi yang
terbaik. Frisian flag juga harus melakukan inovasi dan pengembangan terus
menerus. Promosi juga harus lebih efektif dan efisien agar produk yang sudah
dikenal ini akan terus diminati dan tidak kalah dalam persaingan dengan
kompetitornya
Komentar