BAB 1
PEMBUATAN COMPANY PROFILE
apparelstarf4shion.blogspot.com
3.1. Pengertian Company Profile dan Isinya
Company Profile merupakan penjelasan mengenai
perusahaan termasuk produknya secara verbal maupun grafik yang mengangkat corporate value serta product value serta keunggulan
perusahaan dibandingkan pesaing berdasarkan kedua value diatas.
Corporate value atau nilai-nilai perusahaan tercemin dalam beberapa
hal berikut :
1. Sejarah Berdirinya Usaha
Sejarah
berdirinya usaha menggambarkan kepada pihak-pihak lain yang berhubungan dengan
perusahaan ataupun kosumen mengenai dasar atau landasan usaha ini berdiri
apakah cukup kuat secara pengalaman dan keutuhan individu yang terlibat
didalamnya.
2. Visi & Misi Usaha
Visi
merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh usaha kita dalam jangka panjang
atau dengan kata lain perusahaan dalam periode tertentu ingin menjadi perusahan
yang seperti apa ? (What to Be ?)
Misi merupakan cara-cara
yang digunakan atau usaha untuk mencapai
visi (How to Be ?). Misi dapat berupa pernyataan kalimat atau kata yang
mengingatkan pelaku usaha untuk bekerja sesuai Misi dalam mencapai tujuan
perusahaan.
3. Struktur Organisasi
Struktur
organisasi berisi susunan/hirarki tanggung jawab pekerjaan dalam perusahaan
berikut nama individu pada masing-masing pekerjaan. Kegunaan struktur
organisasi dalam company profile adalah agar konsumen atau pihak-pihak lain
yang bekerjasama dengan perusahaan dapat mengetahui person in
charge
yang langsung berhubungan dengan mereka dalam
pekerjaan ataupun masalah.
4. Kinerja
Perusahaan
Kinerja
perusahan terdahulu dapat dibedakan atas :
• Pengalaman Pekerjaan Terdahulu
Pengalaman
perusahan dalam menanggani pekerjaan terdahulu dapat dilakukan secara
verbal/tulisan ataupun visual/grafik dengan menampilkan dokumentasi foto/video
hasil pekerjaan tersebut.
• Laporan Keuangan Perusahaan
Laporan
keuangan perusahaan diperlukan bergantung kepada kebutuhan akan company profile
tersebut. Apabila company profile dibutuhkan dari segi keuangan seperti untuk
investasi/saham atau kerjasama dengan lembaga keuangan maka laporan keuangan
perusahaan diperlukan sebagai data penting dalam pertimbangan kerjasama
tersebut. Sedangkan apabila company profile tidak dibutuhkan dalam segi
keuangan atau company profile dibutuhkan oleh klien/konsumen yang membutuhkan
produk/servis perusahaan maka laporan keuangan tidak dibutuhkan.
Laporan
keuangan perusahaan hanya ditampilkan dalam company profile pada media print
saja tidak di media lain atau media televisi.
Product Value atau nilai-nilai produk/servis yang dihasilkan oleh
perusahaan dapat dicerminkan oleh faktor-faktor marketing mix khususnya 7P
yaitu Product, Price, Promotion, Placement, People, Process, dan Physical Evidence.
Penjelasan dari masing-masing marketing mix adalah sebagai berikut :
1. Product
Strategi
mengenai bagaimana produk usaha kita dapat menarik hati konsumen untuk
membelinya. Produk usaha kita dapat dibedakan berdasarkan mutu / kualitas,
ukuran, desain, kemasan, dan kegunaan lebih dibandingkan pesaing.
2. Price
Strategi
mengenai bagaimana produk kita lebih menarik konsumen dari segi harga
dibandingkan pesaing. Umumnya konsumen lebih tertarik kepada produk dengan
harga yang lebih murah. Selainnya itu dari segi harga, kita dapat membedakan
produk kita berdasarkan harga satuan dan harga grosir, syarat pembayaran,
diskon/potongan harga, serta sistem buy 1 get 1 free.
3, Promotion
Strategi
mengenai bagaimana produk kita dapat dikenal oleh konsumen melalui beberapa
cara :
•
Advertising (Iklan)
Beriklan dapat dilakukan melalui media berikut :
o Media Cetak : Brosur, spanduk, poster, iklan
majalah/koran.
o Media TV dan Radio (Broadcast) : Iklan TV, Iklan
Radio
• Sales
Promotion
Promosi
melalui acara / pameran yang digelar di tempat keramaian dimana konsumen produk
berada dan juga dilakukan penjualan ditempat.
•
Personal Selling
Promosi
melalui penjualan langsung ke tempat konsumen berada dengan menawarkan dan
kemungkinan untuk dapat mencoba produk secara langsung.
• Public
Relation
Cara
promosi ini cenderung untuk membuat image perusahaan baik dimata konsumen bukan
mempromosikan produk secara langsung. Umumnya dilakukan oleh perusahaan besar.
4. Placement
Merupakan
cara untuk mendistribusikan produk kita untuk sampai ke tangan konsumen. Sistem
distribusi yang dilakukan dapat secara langsung ke konsumen atau melalui
pedagang perantara seperti wholesaler (pedagang
besar) atau retailer (pedagang
kecil).
5. People
Merupakan
kriteria sumber daya manusia secara umum yang dapat meningkatkan penjualan
produk ke konsumen secara langsung ataupun tidak langsung.
6. Process
Proses
yang ditampilkan kepada konsumen agar konsumen tertarik untuk membeli. Proses
yang dapat ditampilkan seperti proses produksi yang baik ataupun proses
pelayanan terhadap konsumen.
7. Physical Evidence
Penampilan
fisik serta keadaan dari fasilitas pendukung atau sarana dalam menjual produk
yang dapat dilihat langsung oleh konsumen. Seperti tempat yang menarik dan
bersih untuk restoran.
Berdasarkan
marketing mix diatas, perusahaan dapat mengidentifikasikan dirinya dengan para
pesaing/kompetitor untuk kemudian menentukan dari faktor-faktor manakah dari
ketujuh marketing mix tersebut, perusahaan memiliki keunggulan (competitive advantage) dibandingkan
pesaing. Setelah perusahaan berhasil mengidentifikasikan posisinya maka
ANGKATLAH KELEBIHAN tersebut sebagai ”selling
point” dalam company profile khususnya dari segi produk/service
BAB II
PEMBAHASAN
Apparel Star Fashion masuk ke Jakarta pada tahun 1991. Bisnis intinya
adalah desain dan mendistribusikan aksesoris fashion dengan sentuhan asli.
Produk Apparel Star Fashion meliputi: Garment, Tas, Sepatu, Perhiasan Kostum
dan Kosmetika.
Semua produk Apparel Star Fashion dijual melalui
Department Store yang tersebar di kota metropolitan Indonesia, Perusahaan
memiliki lebih dari 1 juta karyawan di bidang pemasaran yang menjual lebih dari
800.000 produk sehari. Selain mendirikan benteng di pasar dalam negeri,
perusahaan kami berkembang pesat di luar negeri, meliputi ; Singapore,
Hongkong, Korea , & Inggris.
Apparel Star Fashion telah memenuhi kebutuhan
pelanggan selama 1 tahun dan sekarang memiliki 8 toko di seluruh Indonesia.
kami optimis untuk selalu menyediakan produk-produk fashion berkualitas tinggi
dengan harga yang terjangkau. Apparel Star Faashion telah membawa banyak brand
ternama untuk para konsumennya di Indonesia. Di Apparel Star Fashion, kami
selalu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan kami
dan pilihan terbaik dari barang modis dalam suasana toko yang sangat menarik.
Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang fashion Apparel
Star Fashion mempunyai visi dan misi yaitu " Menjadi Department Store Pilihan pertama di
Indonesia serta Menciptakan masyarakat yang mandiri dan memajukan kesehjateraan
masyarakat Indonesia melalui produk fashion yang berkualitas & Konsisten
memberikan produk dan jasa yang terbaik serta terus berinovasi untuk
meningkatkan kualitas serta memanjakan para pelanggan dengan betbagai koleksi
terbaik kami".
Sesuai dengan motto Apparel Star Faashion yaitu
“Celebrity Fashion”, kami ingin Anda merasa seperti bintang Celebrity.
Produk-produk fashion yang tersedia adalah yang terbaik dan selalu mengandalkan
keunggulan desain, kualitas bahan dan ragam corak warna. Keunggulan tersebut
menjadikan Apparel Star Fashion memperoleh kepercayaan dari kalangan konsumen
sehingga konsumenpun terus bertambah dari waktu ke waktu. Kami percaya Apparel
Star Fashion akan selalu menjadi pilihan utama dalam setiap gaya hidup
berbelanja anda.
APPAREL STAR FASHION adalah tempat yang tepat untuk mewujudkan impian Anda
dalam berbelanja untuk menciptakan gaya fashion modern dan menjadi Departement
Store nomor 1 di Indonesia. Tentunya keyakinan kami tidak terlepas dari
dukungan dan kepercayaan anda dalam mengembangkan Departemment Store Apparel
Star Fashion.
Logo
Logo
Apparel Star Fashion
PRODUK
1. Product
Busana,
Tas, Sepatu, Perhiasan, Aksesories dan Kosmetik
2. Price
Kami memberikan produk dengan kualitas terbaik yang diperuntukan Untuk kalangan menengah dan menengah ke atas dengan menawarkan
brand international.
3, Promotion
Iklan media online
Iklan TV
Poster
4. Placement
Pondok
Indah Mall - Jakarta
Plaza
Senayan - Jakarta
Bali
Supermal - Bali
Mal Taman
Anggrek - Jakarta
Pacific
Place - Jakarta
Gandaria
City - Jakarta
Sun Plaza - Medan
Ciputra
World - Surabaya
Apparelstarfashion
adalah salah satu Department Store terkemuka di Indonesia yang beroperasi di 8
tempat, 5 di Jakarta, 1 di Bali, 1 di Medan, dan 1 di Surabaya.
Sebagai department store
terkemuka, prioritas utama Apparelstarfashion Department Store difokuskan pada
melayani belanja kebutuhan pelanggan kami. Komitmen kami adalah untuk melayani
pelanggan kami dengan sebaik mungkin, kualitas nilai seleksi yang ketat, dan
pelayanan yang terbaik. Filosofi
perusahaan adalah untuk menyediakan pelanggan kamisebuah lingkungan berbelanja yang nyaman dan ramah
yang sia melayani setiap kebutuhan mereka dan memberikan kepuaan dan kenyamanan.
Toko
Apparelstarfashion Department Store pertama kali dibuka pada 1991 di Pondok
Indah Mall melayani kebutuhan penduduk Pondok Indah eksklusif dan distrik
pemukiman sekitarnya.
Dengan
keberhasilan Apparelstarfashion Pondok Indah, Toko kedua di Plaza Senayan
dibuka pada tahun 1995 membawa konsep Apparelstarfashion yang lain untuk
distrik bisnis pusat dan daerah pemukiman mewah di kota.
Pada
tahun 2001, sebuah toko ketiga dibuka di Bali, di pusat perbelanjaan terbaru
dan terbesar, Bali Supermal, membawa belanja ke tingkat lain untuk penduduk
Bali.
Toko lain
dibuka pada tahun 2002, di Jakarta tepatnya di Mal Taman Anggrek, memberikan
akses kepada pelanggan Apparelstarfashion yang tinggal di Jakarta Barat.
Selain
itu pada tahun 2008 Apparelstarfashion di buka di Pacific Place, di Sudirman
Central Business District kelas atas (SCBD). Apparelstarfashion Pacific
Place adalah Apparelstarfashion terbaik yang menawarkan sejumlah label
impor untuk pelanggan yang mencari merek yang lebih baik.
Pada
tahun 2010, Apparelstarfashion Medan dibuka di Mall Sun Plaza. Ini
menjadi toko pertama di Medan dimulai dengan ekspansi kami ke Sumatra dan
pulau-pulau Indonesia lainnya.
Dengan
pertumbuhan kami yang pesat dan permintaan yang selalu meningkat untuk toko
Apparelstarfashion di Jakarta, satu toko lagi ditambahkan untuk memenuhi
kebutuhan pelanggan setia kami di Jakarta Selatan dengan pembukaan
Apparelstarfashion Gandaria City pada bulan Januari 2011.
Setelah
pada tahun yang sama, Apparelstarfashion Ciputra World Surabaya sebagai toko
kedelapan kami telah dibuka pada bulan Desember 2011, membawa gaya hidup
masyarakat di Jawa Timur.
Hampir satu juta kaki
persegi toko Apparelstarfashion menawarkan berbagai macam barang dari label
terkenal internasional untuk merek lokal yang terkenal. Apparelstarfashion,
akan terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia.
Sejak
pertama kali Apparel Star Fashion masuk ke Indonesia hingga saat ini Apparel
Star Fashion manjadi Departement Store terpercaya dan terus berkembang pesat serta
terus melalukan inovasi. Saat ini Department Store kami menjadi pilihan pertama
yang paling banyak diminati dan merajai pangsa pasar kota- kota metropolitan
Indonesia. Perkembangan pesat membuat Departement Store kami banyak diminati
oleh para investor yang ingin menanamkan modalnya.
berikut adalah data
peningkatan keuntungan penjualan perusahaan pada kurung waktu 1 tahun periode
Januari 2011 - Desember 2011
Terjadi peningkatan yang
signifikan di setiap bulan.
Apparel Star Fashion
merajai empat kota besar di indonesia. dengan total investasi yang terus
meningkat. peningkatan konsumen terbagi atas empat kota metropolitan Indonesia
:
Peningkatan terjadi secara
signifikan di setiap cabang-cabang kami
Penghargaan demi
penghargaan baik yang bersifat lokal maupun international terus berdatangan.
Sebagai simbol kepercayaan konsumen terhadap perusahaan kami yang terus
meningkat. hal ini menjadi motivasi kami untuk terus memberikan pelayanan yang
terbaik.
Sebagai perusahaan besar kami tentu membuka layanan konsumen
untuk memenuhi kebutuhan konsumen kami
PT. Apparel Fashion
Jln. Rasuna Sain kav.33 Kuningan Jakarta Selatan
Fax :
(021) 06092010
Contact Person : (021) 345678
BAB III
TAMPILAN WEBSITE
Alamat website :
Apparelstarf4shionn.blogspot.com
kami berusa mendesain sebuah website yang elegant dan
mewakili citra perusahaan kami, namun mudah diakses oleh setia kalangan sesuai
kemampuan akses calon konsumen maupun pelanggan setia Apparel Star Fashion,
website ini berisi pengenalan perusahaan hinga koleksi busana dan even-even
yang rutin kami adakan dengan didominasi
oleh background bergambar bunga berwarna pink meninggalkan kesan nyaman dan
futuristik
MENU
HOME
Tampilan awal kerika mengakses website ini berisi
update fashion show terbaru koleksi busana kami yang rutin kami adakan di
department store kami, busana karya desainer kelas dunia, jika ganbar di klik maka akan muncul foto-foto
peragaan busana kami
ABOUT US
Tampilan ini berisi tentang
profil perusahaan kami dan gambaran singkat tentang Aparel Star Fashion.
Mengenai Apparel Star Fashion :
CONTACT
US
Tampilan
ini berisi cara pengungjung untuk berinteraksi dengan peruahaan
LOCATION
Halaman ini berisi informasi mengenai letak toko kami,
sehingga memudahkan calon konsumen untuk datang dan membeli produk kami, kami
memberikan kemudahaan akses untuk menjangkau kantor pusat kami yang terletak di
Jakarta hingga letak toko-toko kami yang tersebar luas se-Indonesia.
EVENT N PROMOTION
Promo dan event rutin
Department store kami.
INVESTMENT
Data-data dan penghargaan Apparel Star Fashion.
COLLECTION
Berisi
produk- produk terbaru dan terbaik kami.
HISTORY
Berisi tentang sejarah peruahaan (Dept. Apparel Star Fashion).
BAB IV
PENUTUP
- Kesimpulan
PT.
APPAREL STAR FASHION adalah
tempat yang tepat untuk mewujudkan impian Anda dalam berbelanja untuk
menciptakan gaya fashion modern dan menjadi Departement Store nomor 1 di
Indonesia. Apparel
Star Fashion telah memenuhi kebutuhan pelanggan selama 10 tahun
dan sekarang memiliki 8 toko di seluruh
Indonesia. kami optimis untuk selalu
menyediakan produk-produk fashion berkualitas tinggi dengan
harga yang terjangkau. Apparel Star Faashion telah membawa banyak brand ternama untuk para konsumennya di
Indonesia. Di Apparel
Star Fashion, kami selalu berusaha untuk memberikan pelayanan
yang terbaik kepada pelanggan kami dan pilihan terbaik
dari barang modis dalam suasana toko yang
sangat menarik. Tentunya keyakinan yang tidak terlepas dari
dukungan dan kepercayaan para konsumen dalam mengembangkan Departemment Store
Apparel Star Fashion.
Komentar