MENULIS
DIALOG
ADALAH
MENARI DIATAS KERTAS
Untuk
sebagian besar dialog orang adalah apa yang akan memindahkan atau membuat
sebuah naskah secara bersama. Hal ini umumnya dikenal di industri - dan setelah
membaca berbagai script, saya bisa membuktikan bahwa sebagian besar pembaca
akan menepis dalam tindakannya, jika mereka menepis maka mereka akan
melewatkannya. Ini adalah kombinasi dari karakter dan dialog yang menceritakan
cerita. Oleh karena itu, dialog Anda harus renyah dan berirama. Dialog yang
berombak atau tidak konsisten akan memperlambat pembaca ke bawah, dan berpotensi
membawa mereka keluar dari cerita.
- PERTAMA
DAN TERPENTING : DIALOG BERASAL DARI KARAKTER
Yang
paling penting untuk diingat tentang dialog adalah bahwa hal itu harus datang
dari karakter. Anda harus tahu siapa karakter ini dan mampu untuk masuk ke
dalam kepala nya. Anda harus tahu pola bicara karakter, dan siap untuk mengeluarkannya
dalam sebuah dialog cara bicara dengan suara yang unik sesuai karakter Anda.
Jika Anda mendapatkan kesempatan, periksa tayangan ulang Law & Order, terutama
yang dilakukan antara 1990 dan 2000, ketika Steven Bukit dimainkan Jaksa Adam
Schiff. Jika Anda mendengarkan erat dengan dialog Adam, Anda akan melihat bahwa
ia memiliki pola yang sangat spesifik berbicara. Dia tidak pernah melantur.
Sebaliknya, dia pendek dan manis, sering berbicara hanya dalam satu kalimat.
Tapi apa yang dia katakan pada mereka satu kalimat cerdas, kuat, dan
provokatif. Anda mungkin berpikir, betapa sulitnya bisa datang dengan satu
baris itu? Jawabannya adalah jauh lebih sulit daripada yang Anda pikirkan. Ini
adalah jenis garis yang penulis menghabiskan banyak waktu merenungkan.
- MENJAGA
DIALOG DALAM SEBUAH TEKNOLOGI INFORMASI
Ketika
penonton berdiam di untuk menonton pertunjukan Anda, satu-satunya hal yang
mereka akan lihat adalah apa yang ada di layar. Oleh karena itu, menghindari
menggunakan jalur tindakan dalam script untuk mengisi pembaca dan penonton pada
apa yang telah terjadi. Ingat, tidak ada yang akan memiliki salinan naskah Anda
sebagai panduan pendamping untuk mengikuti dengan di rumah. Apapun informasi
yang Anda inginkan atau butuhkan penonton untuk memiliki harus datang melalui
dialog atau melalui tindakan tertentu oleh karakter.
- IRAMA DALAM SEBUAH DIALOG : CARA UNTUK
MENGHINDARI PANJANG DALAM SEBUAH KALIMAT DIALOG
Ketika
Anda memikirkan dialog, bayangkan diri Anda menonton pertandingan pingpong.
Kepala Anda mengikuti bola bolak-balik, bolak-balik. Sekarang gambar bahwa
alih-alih menonton pertandingan ping-pong, Anda menonton percakapan. Ritme
hampir sama ... bolak-balik, bolak-balik. Kecuali seseorang bercerita atau
memberikan pidato, dialog tidak biasanya monolog. Mulai mendengarkan irama
percakapan orang. Pergi ke tempat-tempat umum di mana Anda tidak akan jelas
seperti pantai atau kafe, dan hanya mendengarkan bagaimana pertukaran informasi
berjalan bolak-balik. Ini adalah bagaimana dialog dalam script harus ditulis.
Untuk memahami dengan tepat apa yang di bicarakan, buka skrip Anda serta lihat bagaimana
kecil atau besarnya blok yang dapat bertukar informasi. Semakin kecil mereka,
semakin baik membaca. Kadang kadang blok besar dialog tidak dapat dihindari.
Tetapi jika seluruh naskah Anda seperti itu, Anda perlu kembali dan memotong
untuk membuatnya lebih percakapan.
- PENGGUNAAN
LOGAT POPULER DALAM DIALOG
Tidak
apa-apa untuk menggunakan bahasa gaul dalam dialog asalkan sesuai karakter
suara Anda dan bekerja dalam konteks acara yang Anda menulis untuk. Jelas, ada
kata-kata dan frase tertentu yang dianggap dapat diterima pada jaringan kabel
seperti HBO, tapi mereka benar-benar tidak dapat diterima pada jaringan
televisi. Pastikan untuk menggunakan bahasa gaul konsisten. Satu kesalahan saya
melihat banyak yang menggunakan karakter gaul dalam satu pidato dan dalam
pidato berikutnya mereka menggunakan bahasa Inggris yang tepat. Ini bukan cara karakter berbicara. Pola bicara
Karakter biasanya konsisten. Karakter baik berbahasa Inggris yang tepat atau
mereka berbicara bahasa slang, tapi tidak keduanya.
- DIALOG
PEMIKIRAN DALAM OTAK KANAN : SALAH!
Perangkap
lain Anda ingin menghindari menulis dialog yang terlalu terlintas atau terlalu
tepat dalam pemikiran di kepala. Ini tidak akan terdengar alami. Apapun
"itu" adalah, orang-orang, seperti aturan tidak biasanya datang
langsung dengan itu. Katakanlah seorang wanita berpikir suaminya berselingkuh.
Begitu ia berjalan melalui pintu, kemungkinan besar dia tidak akan berseru,
"Saya pikir Anda berselingkuh." Dia mungkin akan pelan dan sedikit
lebih halus. Mungkin sesuatu seperti ini:
Istri: mana saja kau? Ini hampir tengah malam.
Suami:
Di kantor.
Istri:
Aku menelepon kantor. Anda tidak mengambil.
Suami:
Pasti menjauh dari meja saya. Lain kali mencoba selku.
Istri:
Aku lakukan. Lima kali.
Suami:
tidak Harus dari mendengarnya. Aku punya malam yang sibuk.
Istri:
Saya yakin Anda lakukan ..
Lihat
bagaimana istri mengatakan satu hal, tapi dia benar-benar berarti sesuatu yang
sama sekali berbeda. Hal ini dikenal sebagai tersirat. Apa yang dikatakan istri
- tanpa datang keluar dan mengatakan itu - adalah bahwa dia tahu dia curang
pada dirinya. Tulisan yang bagus akan selalu mengandung tersirat. Itu membuat
percakapan lebih dalam dan lebih menarik seperti menambahkan lapisan baru dan
makna kata-kata.
- MELIHAT
SEBUAH NAMA DILUAR
Pastikan
ketika Anda menulis bahwa Anda tidak terlalu sering menggunakan nama karakter.
Dalam kehidupan nyata, ketika orang berbicara, mereka tidak terus menerus mencantumkan
nama masing-masing di awal atau akhir setiap kalimat. Ada baiknya untuk
menggunakan nama karakter di seluruh script, tetapi melakukannya secara
sporadis dan itu akan terdengar lebih alami. Ini terutama terjadi ketika hanya
dua orang berada di TKP.
- MENGAPA
MENGGUNAKAN DIALOG UNTUK MENGUNGKAP CERITA LAMPAU DAPAT MEMATIKAN
Mungkin
salah satu tantangan terberat penulis wajah adalah ketika mereka membutuhkan
penonton untuk memiliki sepotong informasi, tetapi informasi yang tidak ada
hubungannya dengan percakapan di tangan. Hati-hati: ketika Anda mencoba untuk
memasukkan backstory menjadi sebuah adegan atau percakapan, di mana itu tidak
alami sesuai, maka akan tetap keluar seperti sakit jempol. Ini akan terdengar
dipaksakan dan tidak wajar. Jika rasanya seperti Anda sedang memaksa itu, Anda
mungkin. Dalam hal ini, Anda perlu berhenti dan melihat script sebagai
keseluruhan untuk mencoba untuk menemukan tempat di mana Anda dapat
mengungkapkan informasi secara lebih cara alami - dengan cara yang masuk akal
untuk karakter, cerita, dan script.
- TETAP
KETIKA TELEPON BERHENTI
Dengan
munculnya ponsel, tampaknya generasi baru penulis yang sangat banyak suka
menulis percakapan telepon yang panjang. Sebuah nasihat: kecuali mutlak
diperlukan, tidak. Percakapan telepon datang dari seperti monolog, bahkan
ketika mereka diselingi dengan orang lain. Karena karakter di dua lokasi
terpisah, drama apa yang mereka bicarakan adalah signifikan berkurang. Di
layar, tembakan menjadi kepala berbicara, yang, seperti yang tahu sekarang,
secara visual membosankan. Bila mungkin, akan membawa karakter Anda ke ruang
yang sama. Jika itu tidak layak, membuat percakapan telepon singkat dan manis.
I.
APA YANG HARUS DILAKUKAN KETIKA SEMUA KARAKTER
TERDENGAR SAMA
Terdengar
sama Setelah Anda selesai menulis draft pertama Anda, Anda pasti ingin pergi
kembali dan membacanya, keras-keras. Dengarkan baik-baik. Ketika Anda pergi
dari karakter ke karakter, apakah setiap suara yang berbeda? Apakah
masing-masing karakter berbicara dalam nya suara yang unik? Hal ini sangat
mungkin bahwa, saat Anda membaca draft pertama Anda, Anda akan menemukan bahwa
beberapa dialog terdengar sangat mirip. Ini adalah bendera merah. Dialog tidak
boleh secara acak ditugaskan untuk apa pun karakter kebetulan berguna. Anda
sekarang perlu untuk kembali, baris demi baris, dan memperbaiki apa pun yang btidak
aktif. Itu Cara terbaik untuk melakukan ini adalah untuk melihat pertunjukan
dan mendapatkan suara salah satu karakter di kepala Anda. Sekarang, pergi
melalui script hanya melihat bahwa karakter tertentu dialog. Membuat perubahan
yang sesuai. Dengan tidak memiliki mish-mash suara mengambang di kepala Anda,
Anda lebih mungkin untuk tetap di trek. Sekali Anda menyelesaikan proses untuk
satu karakter, ulangi proses untuk setiap karakter. Kemudian kembali dan
membaca script dari atas. Kemungkinannya adalah, itu banyak lebih baik
sekarang.
Komentar