Studi Inkeles dan Smith
Background study Inkeles
• Pabrik, media massa, dan sekolah menurut Alex Inkeles & D Smith merupakan institusi pemodernan (Modernizing Institution) suatu bangsa.
• Itulah salah satu temuan dari studi mereka yang berjudul “Becoming Modern : Individual Change in Six Developing Countries” pada tahun 1962 hingga 1964.
• Analisisnya dipusatkan bukan pada masyarakat secara keseluruhan tetapi pada tingkat individual.
• Metode risetnya berdasarkan pada kuisioner yang disebarkan pada 6000 orang muda di 6 negara meliputi : Argentina, Bangladesh, Chili, India, Israel, Nigeria.
Study Inkeles dan Smith
Pada pokoknya, Inkeles dan Smith mempertanyakan :
1) Apa akibat yang ditimbulkan oleh modernisasi terhadap sikap, nilai dan pandangan hidup seseorang.
2) Apakah negara2 berkembang akan memiliki sikap hidup yang lebih modern dibanding masa sebelumnya, kalau negara2 tsb berinteraksi dgn negara barat yg telah lebih dahulu memiliki sikap dan pandangan hidup modern.
Rumusan Hasil study Inkeles dan Smith
Hasil study Inkeles dan Smith merumuskan siapakah manusia modern itu, merujuk pada inkeles dan Smith adalah sbb:
• Terbuka pada pengalaman baru.
• Semakin tidak bergantung (independen) kepada berbagai bentuk kekuasaan tradisional, seperti suku, raja, dsb.
• Percaya terhadap ilmu pengetahuan dan menaklukan alam.
• Berorientasi mobilitas dan ambisi hidup yg tinggi. Memiliki hasrat untuk meniti karier dan prestasi.
• Memiliki rencana jangka panjang.
• Aktif dalam peraturan politik. Tergantung dalam berbagai organisasi baik yang bersifat kekeluargaan maupun yang lebih luas.
Pengaruh Media massa dalam riset Inkeles dan Smith
• Kedua ahli menyusun ukuran pengaruh media massa dengan data mengenai pengenalan (exposure : Terpaan) surat kabar dan radio.
• Eksposure kepada media massa yang ekstensif menghasilkan efek yang sama atau lebih kuat.
• Perubahan yg ekstensif ini mendukung pandangan bahwa perubahan kepribadian yang agak mendasar dapat terjadi pada kehidupan orang dewasa. Konsekuensinya ada dua yaitu :
1. Media massa jika menyebarkan nilai-nilai “modern” umumnya mempunyai efek positif untuk negara berkembang.
2. Karena kepribadian modern menuntut modernisasi sebelum dapat mengambil dan mengisi dengan memadai posisi2 di institusi modern. Maka langkah awal yang direkomendasikan adalah suatu investasi dalam modal insani (Modal Capital) yaitu sistem pendidikan dan media massa.
Teori Informasi Organisasi Berdasakan Penelitian Karl Weick Tugas untuk mengelola informasi dalam jumlah besar adalah sebuah tantangan bagi khalayak organisasi. Ketika pilihan-pilihan kita untuk saluran-saluran komunikasi meningkat, jumlah pesan yang kita kirim dan terima, dan juga kecepatan kita mengirim pesan tersebut meningkat pula. Organisasi tidak hanya dihadapkan pada tugas untuk mengartikan pesan yang diterima, tetapi juga menghadapi tantangan untuk menentukan siapa yang harus menerima informasi tersebut demi mencapai tujuan organisasi. Media baru mampu membuat perusahaan menyelesaikan tujuan mereka dalam berbagai cara yang belum pernah dilihat sebelumnya. Konferensi video, teleconference, ruang chat, e-mail, dan televisi interaktif memungkinkan orang seperti Dominique untuk memberikan kesempatan kepada timnya untuk secara simultan berbagi dan memberikan reaksi terhadap banyak sekali informasi. Tiap tim diberikan kesempatan untuk memutuskan informasi apa yang penting untuk tug...
Komentar