Langsung ke konten utama

Studi McClelland

Studi McClelland • McClelland melakukan studi tentang dorongan psikologis yang memotivasi suatu masyarakat untuk mencapai kemajuan. • Dalam studinya yang berjudul The Achieving Society (1961), yg menarik kesimpulan sbb: • “bahwa untuk memajukan suatu masyarakat harus dimulai dengan mengubah sikap mental (attitude) para anggotanya • Kebutuhan untuk mencapai sesuatu (need for achievement atau n/Ach) merupakan dorongan pada seseorang individu untuk menghadapi tantangan, mengatasi oposisi,& berhasil menanggulangi berbagai kesulitan. • Masyarakat yg terdiri dari pribadi2 yang mencapai sesuatu (achievement personalities) akan menjadi suatu masyarakat yd juga mencapai sesuatu krn itu berkembang & maju. • Merujuk pada risetnya : sejarah menunjukkan bahwa masyarakat yg telah maju ternyata didorong oelh kebutuhan untuk pencapaian sesuatu. “ n/Ach. • Studinya mengutip negara2 Yunani klasik, Spanyol masa Pencerahan (Renaissance), Inggris sebelum revolusi industri, AS selama 1,5 abad sejak tahun 1800 yg memiliki tingkat motivasi pencpaian yg tinggi dan telah mendorong pertumbuhan ekonomi mereka. • Sementara itu bila motivasi pencapaian di suatu negara tampak rendah, dapat diperkirakan bahwa pertumbuhan ekonominya rendah, atau setidaknya kurang bertumbuh. • Risetnya didasarkan dengan metode analisis isi dari berbagai produk budaya, kesusastraan Yunani kuno, sastra Inggris Spanyol pada periode tertentu yg mengungkapkan struktur nilai2 yg dominan pada masa tertentu. • Masyarakat dimana bacaan anak-anaknya menekankan motivasi pencapaian & karakteristik lainnya tadi, pertumbuhan ekonominya 3x lebih tinggi daripada masyarakat yg hanya memberi perhatian sekilas mengenai hal itu. • Motivasi dari pencapaian McClelland siartikan sebagai : 1. Suatu dorongan untuk menetapkan suatu tolak ukur yg relatif tinggi bagi diri sendiri untuk dicapai dan keinginan untuk mencapai. 2. Pengukuran terhadap n/Ach mencakup “pikiran untuk bekerja dgn struktur kinerja yg bagus “ (good performance standard) • Ketaguhan untuk menghadapi halangan dalam upaya pencapaian namun mencoba berbagai cara utk mencapainya. Variabel penting Studi McClelland • Motivasi pencapaian merupakan variabel penting mencapai kemajuan, hanya merupakan salah 1 unsur dari matriks kepribadian yg berpengaruh bagi pembangunan ekonomi. • Unsur lain yg terlibat dalam studi McClelland ; 1. Percaya diri, 2. Berorientasi ke depan, 3. Berkompetensi, 4. Menyukai risiko. 1. Kepada anggota masyarakat yang membangun, hendaklah ditularkan “virus” n/Ach yaitu melalui berbagai saluran komunikasi di tengah masyarakat. Rekomendasi Pengembangan Modernitas versi McClelland: 2. Riset McClelland merekomendasikan 3 cara dalam pengembangan menuju kemodernan & mengintensifkan motif pencapaian, yaitu: 1. Pentingnya menciptakan opini publik yang paham (informed public opinion) yang ditandai oleh masyarakat dengan pers yang bebas. 2. Suatu langkah penting menuju kemodernan / emansipasi wanita yaitu mereka yg membesarkan generasi berikutnya. Wanita hendaklah diberi informasi melalui media massa sehingga menerima nilai2 &norma baru. 3. Pentingnya pengaruh pendidikan luar negeri untuk memperkuat motivasi pencapaian. Metode pengukuran • Tes dilakukan menggunakan suatu instrumen tes yg disebut Thematic Apperception Test, • Tes tsb sering diistilahkan sebagai Metode Proyeksi • Tekniknya dimulai kepada sekelompok orang yang ditunjukkan serangkaian gambar. Kemudian masing2 orang yang ditunjukkan serangkaian gambar. Kemudian masing-masing orang tersebut diminta menyusun suatu cerita yg pas dengan gambar2 yg telah ditunjukkan tadi. • Cerita yang disusun tsb. Mencerminkan inej/persepsi orang tsb. Dalam menyusun cerita yg dimaksud. • Jadi meski sekilas kelihatan sepele namun menurut McClelland cerita2 yg disusun orang tadi bukan sekedar cerita kosong, melainkan sbg gambaran dari motivasi mereka. • Kemudian cerita tsb, Dianalisis menurut berbagai tema, termasuk tentang motivasi pencapaian orang yg bersangkutan. • Persepsi pada foto • Beberapa penelitian di AS menemukan bahwa n/Ach mendorong seseorang utk berpenampilan yg lebih baik bila pekerjaannya ditata begitu rupa sehingga mengandung unsur rasa keberhasilan (sense of accomplishment). • Bukti studi lain menunjukkan bahwa n/Ach merupakan faktor yg signifikan dalam pembangunan ekonomi di AS, krn : 1. Unsur kewirausahaan (enterpreunership) penting untuk keberhasilan pembangunan. 2. n/Ach sekaligus penting bagi keberhasilan kewirausahaan. • Studi McClelland menambahkan bahwa cara untuk meningkatkan skala kebutuhan berprestasi adalah memulainya dan lingkungan keluarga masing2, yaitu : 1. Orang tua hendaknya merangsang agar anak2nya menghargai standar motivasi pencapaian yang tinggi. 2. Hendaknya orang tua lebih mengutamakan metode pemberian dorongan dan hubungan yang hangat dengan anak2nya dalam proses sosialisasi yg berlangsung. 3. Orang tua hendaknya tidak bersikap otoriter dengan jalan memberi kesempatan pada anak2nya untuk mengambil inisiatif dan menetukan cara sendiri dalam mengatasi persoalan yang dihadapinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teori Informasi Organisasi Karl Weick

Teori Informasi Organisasi Berdasakan Penelitian Karl Weick Tugas untuk mengelola informasi dalam jumlah besar adalah sebuah tantangan bagi khalayak organisasi. Ketika pilihan-pilihan kita untuk saluran-saluran komunikasi meningkat, jumlah pesan yang kita kirim dan terima, dan juga kecepatan kita mengirim pesan tersebut meningkat pula. Organisasi tidak hanya dihadapkan pada tugas untuk mengartikan pesan yang diterima, tetapi juga menghadapi tantangan untuk menentukan siapa yang harus menerima informasi tersebut demi mencapai tujuan organisasi. Media baru mampu membuat perusahaan menyelesaikan tujuan mereka dalam berbagai cara yang belum pernah dilihat sebelumnya. Konferensi video, teleconference, ruang chat, e-mail, dan televisi interaktif memungkinkan orang seperti Dominique untuk memberikan kesempatan kepada timnya untuk secara simultan berbagi dan memberikan reaksi terhadap banyak sekali informasi. Tiap tim diberikan kesempatan untuk memutuskan informasi apa yang penting untuk tug...

KONFORMITAS DALAM KELOMPOK

BAB I PENDAHULUAN 1.1        Latar Belakang Individu sebagai kesatuan organik yang terbatas memiliki karakter dan sifat yang berbeda satu sama lain. Manusia sebagai makhluk sosial akan membentuk sebuah kelompok untuk tetap bertahan hidup dan mencapai suatu tujuan tertentu. Kelompok adalah sekumpulan orang yang mempunyai tujuan bersama yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lainnya, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut. Dalam sebuah kelompok terdapat orang-orang dengan latar belakang yang berbeda, memiliki kemampuan dan kelemahan yang berbeda, sehingga perbedaan ini akan menjadi kekuatan besar dalam suatu kelompok untuk mengambil suatu keputusan-keputusan terbaik dan kondisi ini akan memperkuat induvidu anggota kelompok dalam menutupi kelemahan-kelemahannya. Dalam kelompok terdapat kepercayaan tertentu (norma) yang cenderung akan diikuti oleh seluruh individu yang ada dalam kelomp...

ANALISIS SWOT dan COMPANY PROFILEPT. Frisian Flag Indonesia

Bab I 1.1   Latar belakang Industri produk berbasis susu di Indonesia berkembang cukup pesat. Hal ini ditandai dengan bermunculannya inovasi – inovasi baru di bidang pengolahan produk berbasis susu. Demikian pula dengan komposisi dan kemasannya, dibuat menarik perhatian dengan harga terjangkau. Selain itu, hal ini juga semakin teredukasinya dan meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya mengkonsumsi susu setiap hari. Indoneia memiliki ladang yang baik untuk peternakan sapi sehingga akan menghasilkan susu yang berkualitas tinggi. Kini, produk susu termasuk produk yang sangat dibutuhkan semua orang, baik tua maupun muda. Fakta inilah yang akhirnya mendorong para pelakunya lebih giat merebut hati konsumen. Setidak-tidaknya, produk ini dibutuhkan oleh 150 juta penduduk Indonesia. Populasi dunia meningkat dengan cepat, daya beli meningkat, sementara pada saat yang sama, makanan, bahan baku, dan energi berada dalam pasokan pendek. Ini memberi Frisian Flag Indones...