STRATEGI
KOMUNIKASI PEMASARAN TOKO BUKU GRAMEDIA DEPOK
M. Derry
Mayendra Prawira
Fakultas Ilmu
Komunikasi Universitas Gunadarma
ABSTRAK
Tujuan Penelitian : untuk mengkaji lebih jauh mengenai strategi komunikasi
pemasaran Toko Buku Gramedia Pusat Depok dalam meningkatkan jumlah pelanggan
dan menguraikan analisis SWOT dan bauran pemasaran Toko Buku Gramedia Pusat
Depok. Metode Penelitian : Deskriptif Kualitatif. Hasil Penelitian : strategi
komunikasi yang digunakan oleh Toko Buku Gramedia Pusat Depok tidak hanya
dengan melakukan periklanan melalui berbagai media, namun ada promosi harga
yang menarik perhatian konsumen dan adanya sistem database pelanggan sehingga
memudahkan Toko Buku Gramedia untuk melakukan promosi langsung seperti melalui direct mail. Kesimpulan : Strategi
komunikasi yang dilakukan Toko Buku Gramedia melalui maintenence pelanggan adalah strategi yang efektif untuk
mempertahankan loyalitas konsumen, melalui Brand
Awarness yang dimiliki Toko Buku Gramedia dan didukung oleh jaringan
Kelompok Kompas Gramedia yang kuat, Toko Buku Gramedia siap bersaing dalam
industri retail di Indonesia
PENDAHULUAN
Membaca telah menjadi
bagian dari kehidupan setiap orang, baik bagi anak-anak, pelajar, mahasiswa,
dan orang dewasa,. Membaca merupakan salah satu bagian penting dalam proses
belajar, dengan membaca maka akan banyak pengetahuan dan informasi yang
didapatkan. Semenjak usia dini, anak-anak sudah dibiasakan untuk membaca, mulai
dari TK, SD, SMP, SMA bahkan hingga Perguruan Tinggi, semua mengharuskan para
siswa dan mahasiswanya untuk banyak belajar melalui membaca, hal tersebut yang
membuat kebutuhan terhadap buku semakin meningkat setiap harinya.
Seiring dengan terus
meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku atau bahan pustaka, berbagai
industri penerbitan dan percetakan pun mulai bersaing untuk menerbitkan buku
yang berkualitas. Kondisi tersebut menciptakan peluang usaha bagi para
distributor buku, karena membaca telah menjadi bagian vital bagi setiap orang,
tidak terbatas usia. Membaca bukan suatu tren yang hanya booming pada suatu waktu, namun merupakan hal yang terus-menerus
menjadi bagian dari masyarakat, sehingga kemudian banyak muncul berbagai toko
buku di sekitar masyarakat yang mencoba memenuhi kebutuhan pasar terhadap buku
atau bahan pustaka.
Ada banyak toko buku
tersebar di seluruh Indonesia, dari mulai yang berskala nasional hingga lokal.
Beberapa toko buku ternama di Indonesia antara lain adalah Toko Buku Gramedia,
Toko Buku Karisma, Toko Buku Gunung Agung, Toko Buku Toga Mas dan Toko Buku
Times. Toko buku yang masih bertahan dan dapat dikatakan semakin menguasai
pasar saat ini adalah Toko Buku Gramedia, bahkan hingga bulan Januari 2011 Toko
Buku Gramedia telah memiliki 98 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Toko
Buku Gramedia telah menjadi penguasa pasar dalam hal toko buku retail, hal ini
terbukti dengan diraihnya penghargaan Marketing Award 2009 dalam kategori The Best Experiential Marketing. Experiential
Marketing yang dimiliki oleh Toko Buku Gramedia adalah bagaimana
menciptakan kenyamanan konsumen selama berada dalam toko tersebut, kenyamanan
tersebut diciptakan dari pelayanan toko yang baik dan desain serta interior
yang menarik.
Tidak hanya meraih penghargaan
Marketing Award, Toko Buku Gramedia
juga berhasil mempertahankan gelar Top
Brand Award 2010. Toko Buku Gramedia dinobatkan sebagai toko buku paling
dikenal oleh public dengan Top Brand Index sebesar 78,1% dan meninggalkan
pesaingnya Gunung Agung hanya dengan indeks sebesar 12,4%. Sedangkan toko buku
lainnya seperti Toga Mas, Karisma, dan Wali Songo hanya mendapat indeks di
bawah 3%. Merek Gramedia begitu lekat di hati masyarakat sehingga 78,1% dari
2.400 responden di enam kota besar di Indonesia memilih Gramedia sebagai merek
paling top (Damanik, 2010).
PT Gramedia
Asri Media (GAM) sebagai pemilik jaringan Toko Buku Gramedia. Gramedia Asri Media adalah anak
perusahaan Kompas
Gramedia yang menyediakan jaringan toko buku
dengan nama Toko Buku Gramedia dan Trimedia di beberapa kota di Indonesia dan Malaysia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 2 Februari 1970 dengan diawali dari satu
toko buku kecil berukuran 25m² di daerah Jakarta Barat. Selain menyediakan
buku, Toko Buku Gramedia juga menyediakan berbagai produk lain seperti alat tulis, perlengkapan kantor,
alat olahraga, dan lain-lain.
Perusahaan ini bekerja sama dengan penerbit-penerbit buku baik dalam maupun luar negeri. Dari kelompok
usahanya sendiri, pemasok ke Toko Buku Gramedia antara lain adalah Gramedia Pustaka Utama, Elex Media Komputindo, M&C, Kepustakaan Populer Gramedia (KPG), Bhuana Ilmu Populer (BIP), Grasindo, Penerbit Kompas dan Kompas Gramedia Majalah, sementara dari luar negeri misalnya Prentice Hall, McGraw Hill, Addison Wesley.
Seiring dengan
berkembang pesatnya teknologi informasi dan komunikasi tidak membuat industri
buku menurun. Toko buku Gramedia justru mengikuti perkembangan teknologi dengan
memberikan fasilitas belanja online melalui portal www.Gramedia.com dan
fasilitas E-Book sebagai sebuah strategi untuk tetap bertahan dan meningkatkan
penjualan di era digital.
PT. Gramedia Asri Media memiliki kiat-kiat tertentu dalam menjalankan
usahanya sehingga mampu meraih kesuksesan hingga sekarang. Tidak hanya
memperhatikan kebutuhan pasar, tentu PT. Gramedia Asri Media juga memperhatikan
komunikasi pemasaran dan bauran pemasaran yang terdiri dari 4P (Product, Price, Place, Promotion). Komunikasi pemasaran adalah kegiatan komunikasi yang
dilakukan oleh pembeli dan penjual yang merupakan kegiatan yang membantu dalam
pengambilan keputusan di bidang pemasaran serta mengarahkan pertukaran agar
lebih memuaskan dengan cara menyadarkan semua pihak untuk berbuat lebih baik
(swasta dan Irawan, 2000: 345).
Bauran pemasaran ialah sarana pemasaran taktis
meliputi produk, harga, tempat dan promosi yang diberikan dibaurkan untuk mendapat
respons yang diinginkan dari pasar sasaran (McCarthy: 1968 dalam Kotler: 2002) Hal tersebut
yang kemudian mendorong peneliti untuk melakukan penelitian pada Toko Buku
Gramedia yang ada di kota Depok, tepatnya yang terletak di Jalan Margonda Raya
Depok. Peneliti ingin mengetahui kegiatan
komunikasi pemasaran dan bauran pemasaran yang dilakukan oleh Toko Buku
Gramedia khusunya Toko Buku Gramedia Depok.
TINJAUAN
LITERATUR
Pemasaran
sebagai usaha untuk menyediakan dan
menyampaikan barang dan jasa yang tepat kepada orang-orang yang tepat
dan waktu serta harga yang tepat dengan promosi dan komunikasi yang tepat
(Assauri, 2013: 5). Pemasaran
merupakan suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk
merencanakan, menentukan harga, promosi dan mendistribusikan barang- barang
yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan
perusahaan. Pemasaran merupakan suatu
sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan,
menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat
memuaskan kebutuhan pembeli.
Komunikasi
pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk
menginformasikan, membujuk dan mengingatkan konsumen, langsung atau tidak
langsung tentang produk atau merek yang mereka.jual (Kottler, 2008: 204). Komunikasi
pemasaran merupakan sarana yang dapat digunakan untuk membangun hubungan yang
baik dengan konsumen. Dalam membentuk komunikasi pemasaran yang efektif, setiap
pemasar perlu memahami proses komunikasi ssecara umum. Pengirim pesan harus
memahami siapa audiens yang ingin
dituju dan respon apa yang diharapkan. Pengirim pesan juga harus melakukan
proses encoding (menerjemahkan pesan kedalam simbol-simbol tertentu, seperti
tulisan, kata-kata, gambar, Bahasa tubuh, ekspresi wajah) sedemikian rupa
sehingga bisa dipahami dan diinterprestasikan sama oleh penerima dalam proses decoding (menerjemahkan simbol ke dalam
makna atau pemahaman tertentu) yang bisa dilakukan. Selain itu, pengirim pesan
harus mengirim pesan melalui media yang efisien agar dapat menjangkau audiens
sasaran dan mengembangkan saluran umpan balik sehingga bisa membantu respon audiens yang bersangkutan.
Bauran pemasaran ialah sarana pemasaran taktis yang meliputi produk,
harga, tempat dan promosi yang dibaurkan untuk mendapat respons yang diinginkan
dari pasar sasaran (McCarthy: 1968 dalam Kotler: 2002), mengklarifikasikan
alat-alat ini menjadi empat kelompok besar, yang ia sebut empat P tentang
pemasaran. Produk dikomunikasikan dengan pasar melalui harga, kemasan, dan merek.
Untuk mengkomunikasikan ketiga unsur terletak pada produk tersebut diperlukan
strategi yang tepat agar dapat doterima oleh pasar. Pemasaran memfasilitasi
proses pertukaran dan pengembangan hubungan dengan konsumen dengan cara mengamati
secara cermat kebutuhan dan kenginan konsumen yang dilanjutkan dengan
mengembangkan suatu produk (product) yang memuaskan kebutuhan konsumen
dan menawarkan produk tersebut dengan harga (price) tertentu serta
mendistribusikannya agar tersedia di tempat-tempat (place) yang menjadi
pasar bagi produk bersangkutan. Untuk itu perlu di laksanakan suatu program
promosi (promotiom) atau komunikasi guna menciptakan kesadaran dan
ketertarikan konsumen kepada produk bersangkutan, proses ini disebut bauran
pemaasaran (Morissan, 2014: 5).
Komunikasi
pemasaran terpadu merupakan upaya untuk menjadikan seluruh kegiatan pemasaran
dan promosi perusahaan dapat menghasilkan citra atau image yang bersifat satu dan konsisten bagi konsumen. Upaya ini
menuntut agar setiap pesan yang keluar harus berasal dari sumber yang sama
sehingga segala informasi yang di umumkan perusahaan memiliki kesamaan tema
serta positioning yang sama di mata
konsumen ( Morissan, 2013: 9).
METODE PENELITIAN
Paradigma merupakan konstelasi teori
pertanyaan, pendekatan, serta prosedur yang digunakan oleh suatu nilai dan tema
pemikiran. Penelitian
ini menggunakan Paradigma Konstruktivis. Paradigma Konstruktivis melihat
realitas kehidupan sosial bukanlah realitas yang natural, melainkan hasil
konstruksi. Makna makna dikonstruksi oleh manusia agar mereka bisa terlibat
dengan yang tengah mereka tafsirkan
Penelitian
yang digunakan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Metode ini merupakan
metode yang mengeksplorasi dan memahami makna yang dianggap berasal dari masalah
sosial atau kemanusiaan. Sifat
dari penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk
memberikan gambaran tentang suatu gejala serta menampilkan gambaran mengenai
setiap detail situasi, setting sosial, atau hubungan.
Penelitian ini menggunakan strategi
Fenomenologi. Fenomenologi mampu mengungkap objek secara meyakinkan, meskipun
objek itu berupa objek kognitif maupun tindakan ataupun ucapan karena segala sesuatu
yang dilakukan oleh seseorang selalu melibatkan mental.
Pemilihan informan atau objek dalam
penelitian ini dilakukan berdasarkan teknik purposive
sampling. Teknik purposive sampling adalah
teknik penentuan sample dengan pertimbangan tertentu, yaitu dengan cara membuat
kriteria informan berdasarkan kebutuhan penelitian Metode pengumpulan data
yang digunakan yaitu metode gabungan, metode gabungan adalah metode yang
menggabungkan antara dua metode yaitu metode studi lapangan dengan studi
pustaka.Studi lapangan yang digunakan yaitu wawancara dan observasi.
TEMUAN PENELITIAN
Kegiatan Komunikasi
Pemasaran Toko Buku Gramedia
Komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan
perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk dan mengingatkan
konsumen, langsung atau tidak langsung tentang produk atau merek yang
mereka.jual (Kottler, 2008: 204). Upaya untuk menerapkan komunikasi pemasaran
terpadu juga didorong oleh berbagai perubahan yang terjadi terkait dengan cara
perusahaan memasarkan produknya. Berikut kegiatan komunikasi pemasaran yang
dilakukan Toko Buku Gramedia Pusat Depok :
1. Memasang
iklan di berbagai media massa yang termasuk dalam jaringan bisnis Kelompok
Kompas Gramedia (media cetak, radio, televisi, dan media online).
2. Adanya
bentuk promosi harga penjualan,
persaingan harga yang semakin tajam mendorong pengelola pemasaran untuk
memberikan potongan harga untuk menarik minat dan daya beli konsumen
3. Toko
Buku Gramedia Pusat Depok beralih ke instrumen komunikasi yang lebih murah
namun dapat mencapai target audience
secara lebih tepat seperti menggelar acara pemasaran (event marketing) menjadi sponsor acara,
direct mail, dan promosi penjualan melalui internet.
4. Toko
Buku Gramedia menjadi perusahaan retail bermodal kuat dan memiliki jaringan
mulai dari tingkat regional, nasional, hingga internasional. Toko Buku Gramedia
memiliki usaha mulai dari percetakan, penerbit buku, majalah, hingga
distributor secara terpadu dan terintegrasi sehingga dapat mengurangi biaya
produksi dan memperoleh keuntungan perusahaan yang lebih besar.
5. Penggunaan
database marketing yang semangkin meningkat. Database berisi nama pelanggan,
lokasi tempat tinggal, gaya hidup, pola belanja, dan sebagainya. Pengelolaan
pemasaran menggunakan data tersebut untuk menarik perhatian dan minat konsumen
melalui berbagai metode pemasaran langsung, seperti : telemarketing, direct mail, serta directresponse advertising dari pada mengandalkan media massa.
Database ini adalah komunikasi pemasaran yang sangat penting dan efektif.
6. Pertumbuhan
internet mengubah cara perusahaan berkomunikasi dan berinteraksi dengan konsumen.
Toko buku gramedia pusat depok berinteraksi dengan konsumen melalui media
online seperti facebook, twitter, instagram, dan youtube.
dengan jumlah audience yang besar.
Internet merupakan medium berkomunikasi secara interaktif dan strategi bisnis
perusahaan. Setiap Toko buku Gramedia memiliki jumlah pengikut tersendiri.
7. Perusahaan
memberikan insentif atas penjualan produk kepada karyawan. Hal ini memotivasi
setiap karyawan di Toko Buku Gramedia untuk memaksimalkan penawaran kepada
konsumen dan meningkatkan penjualan.
Toko Buku Gramedia Pusat Depok memberikan
pelayanan bagi konsumen yang mencari
produk yang tidak tersedia di toko buku, Yaitu melalui pemesanan di bagian
informasi. Sehingga pelanggan tidak perlu kesulitan pergi ketempat lain untuk memperoleh produk
yang diinginkan karena semua kebutuhan pelanggan akan berusaha dipenuhi oleh
Toko Buku Gramedia. Toko Buku Gramedia berusaha menjaga loyalitas pelanggan
serta kepuasan pelanggan. Pemasanan Produk dapat diambil di Toko Buku Gramedia
Depok atau di Toko Buku Gramedia Terdekat yang masih menyediakan produk
tersebut, Toko Buku Gramedia berusaha memahami setiap keinginan pelanggan dan
dengan senang hati akan selalu membantu.
Selain itu Gramedia juga memberikan kemudahan
melalui akses langsung melalui Portal Gramedia online. Melalui www.gramediaonline.com anda dapat mengakses informasi dan
mendapatkan produk buku dan non buku yang diminati
melalui jaringan internet dengan aman.. Toko Buku Gramedia merupakan toko
online yang terlengkap, baik dari kategori produk maupun kecepatan layanan.
Jangkauan layanan Toko Buku Gramedia mencakup seluruh Indonesia, mulai dari daerah kecil
sampai luar negeri. Dalam portal tersebut terdapat penjelasan mengenai cara
pembelian, cara pembayaran, dan pelayanan call
center sehingga memberikan kemudahan akses dan kenyamanan bagi pelanggan.
KESIMPULAN
Toko Buku Gramedia didirikan pada tahun 1970
oleh P.K Ojong (alm) dan Jakob Oetama di Jalan Gajah Mada Jakarta. Sejak
pertama kali dibuka, Toko Gramedia yang dimiliki dan dikelola oleh PT Gramedia
Asri Media yang merupakan anak perusahaan Kompas Gramedia Group, telah menjadi
pemimpin dalam penjualan buku dan penerbitan. Selama lebih dari 40 tahun
Gramedia telah menjadi sebuah merek yang teruji dan terpercaya di dalam retail buku dan penerbitan.
Bauran pemasaran Toko Buku Gramedia adalah
sebagai berikut; (1) Produk; Toko Buku Gramedia telah menjadi one-stop shop untuk setiap anggota
keluarga. Toko Buku Gramedia Pusat Depok Menyediakan produk berkualitas dan
bergaransi, Ragam produk yang disediakan oleh Toko Buku Gramedia meliputi buku
lokal dan buku impor, alat tulis, multimedia, peralatan olahraga serta
alatmusik. (2) Harga; Berbagai produk yang disediakan oleh Toko Buku Gramedia
memiliki harga bersaing dan umumnya dapat dijangkau oleh konsumen kelas
menengah. (3) Promosi Toko Buku Gramedia Pusat Depok melakukan berbagai
kegiatan promosi salah satunya dengan memberikan diskon atau potongan harga,
Toko Buku Gramedia memasang iklan di berbagai media dalam unit bisnis Kelompok
Kompas Gramedia (4) Tempat; Toko Buku Gramedia telah memiliki 98 cabang yang
tersebar di seluruh Indonesia, setiap Toko Buku Gramedia menempati lokasi yang
strategis dalam setiap kota-kota besar di Indonesia. Toko buku Gramedia Pusat
Depok Menempati Lokasi di pusat kota depok, mudah diakses dan dekat dengan
fasilitas pendukung seperti sekolah, kampus, dan perkantoran. Selain tempat
atau lokasi yang strategis.
Berikut adalah analisis SWOT Toko Buku
Gramedia: (1) Kekuatan; Kekuatan Toko Buku Gramedia yang pertama terletak pada
kelengkapan produk yang tersedia, dengan menyediakan produk yang beragam dan
berkualitas maka Toko Buku Gramedia dapat memenuhi kebutuhan para konsumen.
Sehingga diharapkan kebutuhan konsumen yang beragam dapat terpenuhi ketika
mereka berbelanja di Toko Buku Gramedia. Toko Buku Gramedia telah memiliki
Brand Awerness yang tinggi dan Toko Buku Gramedia di dukung dengan jaringan
unit bisnis Kelompok Kompas Gramedia yang kuat. (2) Kelemahan; Meskipun pada
umumnya harga produk yang tersedia di Toko Buka Gramedia dapat dijangkau oleh
konsumen kelas menengah, namun terdapat beberapa produk yang harganya relatif
lebih mahal, seperti alat tulis dan produk multimedia. Hal ini merupakan salah
satu kelemahan dari Toko Buku Gramedia (3) Peluang; Peluang bagi Toko Buku
Gramedia sangat besar, Buku merupakan kebutuhan bagi semua orang, tidak
terbatas usia. Baik anak-anak maupun dewasa pada umumnya membutuhkan buku
sebagai media untuk mendapatkan wawasan atau ilmu pengetahuan, terutama bagi
para pelajar. Setiap tahun ajaran baru, para pelajar membutuhkan buku untuk
menunjang kebutuhannya dalam bersekolah, (4) Ancaman; Ancaman bagi Toko Buku
Gramedia yaitu toko buku lainnya yang juga hadir di sekitar masyarakat, seperti
misalnya Toko Buku Gunung Agung, Toga Mas, Karisma, dll. Selain toko buku yang
disebutkan di atas, keberadaan pasar buku murah juga menjadi ancaman bagi Toko
Buku Gramedia, apalagi pasar buku umumnya menjual buku bekas atau buku baru
yang kualitasnya bajakan atau palsu dengan harga yang jauh lebih murah.
Toko Buku Gramedia Depok menjadi pilihan bagi
konsumen dikarenakan konsumen yakin dengan produk yang ditawarkan oleh Toko
Buku Gramedia. Tidak hanya menawarkan produk berkualitas dan bergaransi,
pelayanan jasa yang memuaskan, namun diperlukan strategi komunikasi pemasaran
yang terpadu, yaitu; (1) Database Pelanggan; Toko Buku Gramedia memiliki database pelanggan dengan jumlah lebih
dari 500 ribu pelanggan baru setiap bulan. Toko Buku Gramedia memiliki data
digital berisi data konsumen hingga jenis produk yang diminati oleh pelanggan
tersebut, hal ini sangat mempermudah Toko Buku Gramedia untuk melakukan
kegiatan komunikasi pemasaran langsung seperti melalui telemarketing dan directmail.
(2) Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial; Toko Buka Gramedia menggunakan
internet untuk melakukan komukasi pemasaran melalui media sosial yang terhubung
dengan audience dalam jumlah besar. Komunikasi melalui media internet
menggunakan biaya yang efisien namun mampu menjangkau khalayak yang luas.
DAFTAR PUSTAKA
Buku
Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT.
Raja Grafindo Persada
Bungin, Burhan. 2010. Metodologi Penelitian
Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Creswell, John W. 2010. Research Design (Pendekatan
Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hermawan, Agus. 2013. Komunikasi Pemasaran. 2013.
Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi 12.
Jakarta: PT. Index
Morissan. 2010. Periklanan (Komunikasi Pemasar Terpadu).
Jakarta : Kencana
Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif.
Yogyakarta: PT. LKSI Pelangi Aksara Yogyakarta
Peter, J. Paul. 2014. Perilaku Konsumen &
Strategi Pemasaran 2 edisi 9. Jakarta: Salemba Empat.
Rakhmat, Jalaluddin. 2000. Metode Penelitian
Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rangkuti, Freddy.2014. Analisis SWOT (Teknik
Membedah Kasus Bisnis) Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Sularto. 2013. 50 Tahun Kompas Gramedia (
Mengembangkan Indonesia Kecil). Jakarta : Kompas Penerbit Buku.
Suryabrata, Sumadi. 2014. Metodologi Penelitian.
Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada.
Sobur, alex. 2013. Filsafat Komunikasi Tradisi &
Metode Fenemenologi. Jakarta : Remaja Rosdakarya.
Watono, Aji. 2010. IMC (Integrated Marketing Communication). Jakarta : Gramedia Pustaka
Utama
Jurnal
Houston, Franklin S and Jule B. Gassenheimer. 1987.
Marketing and Excange Journal of Marketing, 51 (October), 3-18
Marshall,C and Rossman. 1995. Designing Qualitative
Research London : Sage Publication
Internet
http://www.kompasgramedia.com/aboutkg/history
Sejarah perusahaan Kompas Gramedia, diakses Pada
Tanggal 27 Agustus 2014 Pukul 10:52
http://www.kompasgramedia.com/business/bookstores
Profil Toko Buku Gramedia diakses pada tanggal 27 Agustus 2014 Pukul 11:00
http://10.211.7.161/operational/index.jsp
Operasional penjualan
Toko Buku Gramedia Depok, diakses pada tanggal 28 Agustus 11:07
https://10.9.200.91:4443/centraloffice/vipcustomer/vipCustomerSearchCriteria.do
Database pelanggan
Toko Buku Gramedia, diakses pada tanggal 28 Agustus 2014 pukul 11:25
http://gramediaonline.com/pages.cfm?ID=2
Informasi toko buku gramedia,
Komentar