Digital Marketing
Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani
berarti jari jemari, Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai
basis data. Dapat disebut juga dengan istilah Bit atau Binary Digit (Wikipedia,
2017).
Marketing adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan
proses menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran
yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum. (American
Marketing Association, "About AMA: Definition of Marketing: 29 Januari
2016).
Jika Anda pernah melihat sebuah brand atau produk melakukan
campaign digital atau kampanye kampanye di dunia online. Mungkin Anda juga
pernah melihat ada perusahaan yang memiliki website dan sosial media? Hal–hal
tersebut dapat disebut dengan Digital Marketing.
Pengertian Digital marketing adalah suatu usaha untuk
melakukan pemasaran sebuah brand atau produk melalui dunia digital atau
internet. Tujuannya ialah untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen
secara cepat dan tepat waktu.
Digital marketing ialah suatu cara untuk mempromosikan
produk / brand tertentu melalui media internet. Bisa melalui iklan di internet, Instagram, Facebook, Youtube, maupun media sosial lainnya.
Aturan dalam pemasaran digital:
1. Menargetkan
satu segmen dan menciptakan komunitas virtual.
2. Memperluas
peran merek dalam portofolio secara global.
3. Gunakan
harga yang kreatif.
4. Mengutamakan
desain bagi konsumen.
5. Gunakan
eksperimentasi yang bersifat adaptif.
Langkah-langkah pemasaran digital
Dalam aktivitas pemasaran digital terdapat istilah AIDA
(Awareness, Interest, Desire, dan Action),
Awareness
(Kesadaran)
Dalam ranah digital, pemasar membangun kesadaran konsumen
dengan memasang iklan terlebih dahulu di media online,
Interest
(Ketertarikan)
Ketertarikan muncul setelah membangun kesadaran pada
konsumen. Sistem offline, konsumen langsung mencari informasi di pasar. Sistem
online, konsumen mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (Google,
Yahoo! dll) dan jejaring sosial (Facebook, Twitter dll).
Desire
(Keinginan)
Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk
mencoba produk atau jasa. Sistem online ditandai dengan mencari keterangan
lengkap tentang produk atau jasa melalui situs web.
Action
(Tindakan)
Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen
terhadap produk atau jasa.
Kesimpulan :
Pasar
adalah tempat komunikasi dua arah. Untuk memperoleh komunikasi tersebut merek
harus melakukan positioning terlebih dahulu, dapat melalui berbagai media
(Forum, blog, dan lain-lain) dan yang paling efektif ialah melalui jejaring
sosial.
Komentar